Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Gaikindo Sebut Antusias Masyarakat Untuk Mobil Listrik Meningkat

23 Agustus 2022 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pilihan mobil listrik di Indonesia semakin beragam. Harga yang ditawarkan juga semakin bervariasi, mulai puluhan juta rupiah sampai miliaran rupiah.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 misalnya, ada empat mobil listrik baru yang diluncurkan.

Keempat mobil itu adalah Wuling Air ev, BMW i4 dan iX, serta Porsche Taycan S Turbo. Keempat model ini jelas melengkapi dan menambah pilihan yang sudah ada sebelumnya.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, animo masyarakat terhadap mobil listrik semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pemerintah itu mengharapkan yang namanya electric car, kendaraan-kendaraan yang lebih bersih emisi dan tidak menggunakan bahan bakar fosil itu ditonjolkan. Kita telah melakukan hal ini,” ujar Nangoi di ICE BSD City (20/8/2022).

Nangoi menambahkan, sederet mobil listrik yang ditawarkan APM jadi bukti bertambahnya permintaan konsumen. Meskipun demikian, banyak di antaranya yang masih inden atau belum dikirim ke konsumen.

“Anda bisa lihat bahwa animo masyarakat yang test drive itu ada 400-500 sehari, puncaknya hampir 1.000. Tinggi sekali per harinya,” kata dia.

Sementara itu, penyelenggara juga mencatat total ada lebih dari 10.000 pengujung telah mencoba dan merasakan langsung sensasi kendaraan listrik.

Baik kendaraan penumpang, kendaraan komersial, maupun sepeda motor di area GIIAS EV Test Track sepanjang pameran berlangsung.

“Antusiasme masyarakat terhadap teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia sangat luar biasa tahun ini, tecatat 385.487 pengunjung hadir disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2022,” ucap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 (22/8/2022).

“Selain teknologi otomotif terkini, area EV Test Track juga menjadi magnet bagi para pengujung GIIAS 2022,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaikindo Sebut Animo Masyarakat terhadap Mobil Listrik Meningkat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/23/150100115/gaikindo-sebut-animo-masyarakat-terhadap-mobil-listrik-meningkat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm