Ilustrasi bawang putih.
Ilustrasi bawang putih. ( PIXABAY/MATTHIAS BOECKEL)

Awet Sampai 1 Tahun, Berikut Cara Membuat Bawang Putih Bubuk

23 Agustus 2022 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Bawang putih bubuk biasa dijual di supermarket atau minimarket dalam bentuk botol kecil. Bubuk bawang putih ini biasa digunakan untuk membumbui saus atau masakan dengan saus. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membumbui sup hangat. Bawang putih bubuk memiliki aroma segar dan khas. Tanpa harus pergi ke supermarket, kamu bisa membuat bawang putih bubuk untuk menghemat uang dan waktu. Seperti yang dilansir dari laman The Spruce Eats, begini cara membuat bawang putih bubuk.

Bahan yang perlu disiapkan

Seperti sebutannya, bawang putih bubuk memiliki bahan utama yaitu bawang putih utuh. Pisahkan masing-masing umbi dan buang kulitnya. Pastikan kamu membersihkan kulit dari umbi bawang putih dengan bersih.

Cara membuat bawang putih bubuk

Pertama, potong bawang putih menjadi irisan tipis. Setelah itu, panggang dalam oven dengan suhu sekitar 65 derajat celsius. Panggang hingga bawang putih kering dan hancur saat dipegang dengan tangan. Kalau sudah kering, biarkan hingga bawang putih panggang kering. Gunakan gilingan kopi. Giling bawang putih hingga menjadi bubuk sesuai dengan konsistensi tekstur yang diinginkan.

Cara simpan bawang putih bubuk

Setelah bawang putih bubuk siap, tuang ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempak yang kering dan sejuk. Kalau ingin menggunakan wadah bekas bumbu, sebaiknya bersihkan dan keringkan. Jangan sampai sisa bau bumbu memengaruhi bawang putih bubuk. Beri tanggal membuat bawang putih bubuk dan kocok setiap harinya agar kelembabannya hilang. Bawang putih bubuk yang dikeringkan dengan benar akan awet hingga beberapa tahun. Namun, pastikan kamu menyimpannya maksimal 1 tahun untuk mendapatkan cita rasa yang enak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Bawang Putih Bubuk, Awet hingga 1 Tahun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/23/111100775/4-cara-membuat-bawang-putih-bubuk-awet-hingga-1-tahun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm