Ilustrasi sajian canh chua, sup ikan asam pedas khas Vietnam.
Ilustrasi sajian canh chua, sup ikan asam pedas khas Vietnam. ( Dok. The Daily Meal)

Berikut Cara Mmebuat Sup Ikan Asam Pedas Ala Vietnam

25 Agustus 2022 10:08 WIB

SonoraBangka.id - Vietnam punya sajian sup ikan yang terkenal, namanya canh chua atau disebut juga dengan sup ikan asam pedas. Sesuai dengan namanya, sajian ini memiliki cita rasa asam dan pedas yang diperoleh dari perpaduan larutan asam dan irisan cabai. Canh chua biasanya disantap selagi hangat bersama nasi putih. Isiannya dapat berupa kondimen asam seperti nanas, belimbing, atau tomat. Seperti makanan khas Vietnam pada umumnya, canh chua juga menggunakan tambahan sayur, seperti taoge segar. Coba sajikan sup ikan asam pedas khas Vietnam sebagai variasi lauk makan siang di rumah. Resepnya dapat dilihat di buku "Seri Hidangan Mancanegara Vietnam" (2015) karya Tabularasa terbitan Penerbit Erlangga berikut. 

Resep sup ikan asam pedas

Bahan sup ikan asam pedas:

400 gram ikan kakap filet

300 gram buah nanas kupas

3 buah tomat (buang bijinya dan belah 6)

3 batang serai (ambil bagian putih dan iris halus)

1,5 sendok makan minyak goreng

1,5 sendok makan bawang putih cincang

1800 mililiter air kaldu ikan (rebusan kepala dan tulang ikan kakap)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm