eatballs in tomato sauce
eatballs in tomato sauce ( Shutterstock.com / Timolina)

Tidak Kering, Berikut Cara Membuat Meatball Ayam Yang Juicy Dan Empuk

25 Agustus 2022 10:15 WIB

SonoraBangka.id - Chicken Meatball atau bakso ayam adalah alternatif untuk bakso dengan daging sapi atau ikan. Cara membuatnya juga mudah, meskipun harus menjaga daging agar tidak kering, untuk itu memilih secara tepat bagian daging ayam adalah kuncinya. Bakso ayam bisa dipanggang dalam saus teriyaki disajikan bersama nasi hangat, atau larutkan dalam kaldu ayam dan sop mi ayam. Simak cara membuat meatballs ayam yang juicy dan lembut, dikutip dari laman Thekitchn.com, berikut selengkapnya. 

1. Bakso ayam yang juicy, gunakan paha ayam

Pilih daging ayam giling dengan campuran daging putih dan gelap, atau paha ayam giling. Banyak supermarket hanya menjual daging giling putih dan gelap terpisah, tetapi kamu bisa meminta untuk dicampur pada tukang dagingnya. 

2. Membuat panade

Panade adalah campuran dari potongan roti atau remah roti dan cairan. Panade sering dibuat dengan susu, buttermilk, atau kaldu.  Cairan ini dapat membantu melembabkan daging giling dan menjaganya agar tidak terlalu matang.  Supaya bakso ayam juicy, gunakan campuran remahan roti segar dan susu murni. Selain itu mencampurkan bumbu ke dalam panade bukan langsung pada daging giling. Menghindari bakso overmixing yang menghasilkan bakso lebih empuk serta juicy.

3. Memasak bakso 

Kebanyakan meatballs ditumis dan direbus dalam saus merah sebelum disajikan, bersama spaghetti atau bakso Swedia.   Selain itu kamu dapat mengolah bakso ayam dengan cara sebagai berikut:

Memanggangnya: Panggang di atas loyang berlapis kertas roti pada suhu 200 derajat celcius selama 12 sampai 15 menit.

Panggang di dalam cetakan muffin: Olesi sedikit minyak di loyang dan masukkan satu buah bakso ayam ke dalam setiap lubang. Panggang bakso ayam pada suhu 200 derajat celcius selama 12 hingga 15 menit

Tumis tanpa saus: Panaskan wajan dan minyak zaitun di atas api sedang sampai berkilauan. Tambahkan bakso, pastikan wajan tidak penuh. Masak, balik bakso setiap menit sampai kecoklatan di semua sisi, total waktunya 10 hingga 12 menit.

Masak dengan saus: Tempatkan bakso di atas loyang yang dilumuri minyak dan panggang dengan api besar selama lima menit. Pindahkan bakso ke panci dengan saus dan didihkan, selama lima sampai tujuh menit.

Menggunakan slow cooker: Tuang saus ke dalam slow cooker, rendam bakso mentah dalam saus. Tutup dan masak pada pengaturan rendah selama dua jam.

Dimasak dalam kaldu: Didihkan sop atau kaldu, tambahkan bakso ayam mentah, kecilkan api hingga mendidih dan masak selama 10 hingga 12 menit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Meatballs Ayam yang juicy dan Empuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/25/070800575/cara-membuat-meatballs-ayam-yang-juicy-dan-empuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm