Tampilan Keseluruhan Fortuner 2.8 GR Sport.(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Tampilan Keseluruhan Fortuner 2.8 GR Sport.(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Mobil Mesin Diesel Lebih Hemat BBM daripada Bensin, Mitos atau Fakta?

26 Agustus 2022 21:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil diesel saat ini memang kembali naik pamornya. Ada anggapan jika mesin tersebut lebih tahan banting bahkan lebih hemat BBM daripada mobil dengan mesin bensin.

Lantas apakah benar anggapan tersebut?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mesin diesel memang lebih hemat bahan bakar dari pada mesin bensin. Setidaknya ada dua hal yang menjadi penyebabnya.

“Pertama karena mesin diesel ini memakai kompresi yang sangat tinggi. Sehingga, power yang dihasilkan juga lebih besar per CC bahan bakar,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Suparna mengatakan, efisiensi thermis mesin diesel juga lebih bagus dibandingkan mobil bensin. Dengan kerja mesin yang efisien, pembakaran juga akan lebih efisien.

Kemudian, penyebab yang kedua, yakni kandungan kalori pada bahan bakar jenis solar juga lebih besar dibandingkan jenis bensin.

“Sehingga, per liter solar akan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar. Inilah yang membuat mesin solar menjadi lebih irit dibandingkan dengan mesin bensin,” ucapnya.

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan saat mempunyai kendaraan. Sebab, pengeluaran untuk bensin bisa berpengaruh terhadap keperluan lainnya.

Keunggulan lain mesin diesel yaitu memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan karakter mesin diesel yang menggunakan tipe mesin long stroke.

“Tipe mesin ini mampu menghasilkan torsi yang lebih besar dari kebanyakan mesin bensin yang menggunakan mesin square,” kata Suparna.

Namun perlu diingat juga, saat ini harga BBM jenis solar memang lebih tinggi daripada bensin. Bisa dibandingkan, harga Pertalite ada di Rp 7.650 per liter, sedangkan Dexlite per Agustus jadi Rp 17.800 per liter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Mesin Diesel Lebih Hemat BBM daripada Bensin?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/26/101200715/mitos-atau-fakta-mobil-mesin-diesel-lebih-hemat-bbm-daripada-bensin-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm