Ilustrasi cokelat batangan.
Ilustrasi cokelat batangan. ( PIXABAY/DAVID GREENWOOD-HAIG)

Berikut Ini Cara Menyimpan Cokelat Yang Tepat Tanpa Lemari Pendingin

1 September 2022 06:26 WIB

SonoraBangka.id - Cokelat adalah bentuk olahan makanan dan minuman dari biji kakao yang memiliki rasa manis dan pahit. Cokelat merupakan kudapan favorit, hampir semua orang. Selain itu, mudah didapat untuk stok camilan di rumah. Cara menyimpan cokelat yang tepat adalah pada suhu ruangan dan terbungkus rapat, jauh dari panas dan air. Menyimpan cokelat dalam lemari pendingin sebetulnya bisa menyebabkan kelembapan yang tidak diinginkan pada batang cokelat. Simak cara menyimpan cokelat tanpa lemari pendingin, dikutip dari laman Martha Stewart, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Cara terbaik untuk menyimpan cokelat

Secara umum menyimpan cokelat terbaik adalah pada suhu ruang, cokelat sepenuhnya terbungkus dan jauh dari panas dan air. Menurut Carol Gancia pendiri merk cokelat di SanFranscisco, California, mengatakan kecuali lemari pendingin dapat dikontrol kelembapannya.  Menyimpan cokelat dalam kulkas akan memberikan kelembapan pada batang cokelat yang seharusnya dihindari. Jika suhu ruang hangat, kamu bisa menyimpan cokelat pada kulkas. Namun, biarkan terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum dinikmati, agar cokelat tidak terlalu keras.

2. Tetap terbungkus

Cokelat menyerap aroma dengan mudah, jadi tetap jaga cokelat agar selalu tertutup pada sisanya. Oksigen merupakan musuh cokelat, dapat membawa bau yang tidak sedap, sehingga penting membungkusnya rapat.

3. Cokelat setelah dibuka, habiskan dengan cepat 

Selanjutnya menurut para ahli, sebaiknya cokelat langsung dikonsumsi setelah dibuka. Cokelat batangan yang sudah terbuka akan menangkap bau, meleleh, terkena air, dan bisa tergores. Hal ini dapat mempengaruhi rasa dan bentuknya. Sementara untuk cokelat hitam dapat disimpan selama dua tahun, mengonsumsinya dalam beberapa minggu setelah dibuka akan memberi kenikmatan terbaik dari cokelat.

4. Cara terbaik dalam menyimpan permen cokelat

Sementara untuk permen cokelat seperti truffle, bonbon, dan permen cokelat lain, bisa kamu simpan dalam wadah tertutup pada suhu kamar.  Simpan permen cokelat pada tempat sejuk, kering, gelap, jauh dari panas, kelembapan, dan aroma menyengat. Catat tanggal kadaluarsa yang tertera dalam pembungkusnya. Permen cokelat berbahan dasar mentega, gula, kacang-kacangan, dan krim segar akan cepat tengik, makan sesegera mungkin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Cokelat Tanpa Lemari Pendingin, Bungkus dengan Rapat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/31/210900775/cara-simpan-cokelat-tanpa-lemari-pendingin-bungkus-dengan-rapat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm