Ilustrasi gratin terong.
Ilustrasi gratin terong. ( Dok. Taste.com.au)

Praktis Cuma 5 Bahan, Berikut Ini Cara Membuat Gratin Terong

7 September 2022 21:12 WIB

SonoraBangka.id Masak terong tidak melulu harus ditumis atau digoreng. Kamu juga bisa mengolah terong menjadi sajian panggang berupa gratin. Gratin merupakan hidangan panggang khas Perancis yang terbuat dari bahan utama (terong), serta saus dan keju leleh. Cara membuat gratin terong cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan lima bahan sederhana dengan tiga langkah pembuatan. Selengkapnya, simak resep gratin terong untuk dua porsi, seperti dilansir Taste of Home berikut ini.

Resep gratin terong

Bahan:

1 buah terong kecil, kupas dan dan iris

1 sdm minyak zaitun

95 gram saus spageti

170 gr keju mozzarella parut

2 sdm keju parmesan parut

Cara membuat gratin terong

1. Oles kedua sisi irisan terong dengan minyak. Letakkan di atas loyang yang tidak diolesi minyak. Panggang dengan suhu 204 derajat Celcius selama delapan menit. Balik dan panggang kembali selama tujuh hingga delapan menit atau sampai agak kecoklatan dan empuk. Dinginkan.

2. Tempatkan satu irisan terong panggang di masing-masing pinggan kecil. Taburi dengan dua sendok makan saus spageti dan dua sendok makan keju mozzarella. Ulangi lapisan dua kali.

3. Taburi dengan keju parmesan. Panggang sambil buka tutupnya dengan suhu 176 derajat Celcius selama 20-25 menit atau sampai bergelembung dan keju meleleh. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Gratin Terong, Masakan Panggang Praktis Cuma 5 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/09/07/141200775/resep-gratin-terong-masakan-panggang-praktis-cuma-5-bahan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm