Land Rover Defender 75th Limited Edition(Dok. Autoindustriya.com)
Land Rover Defender 75th Limited Edition(Dok. Autoindustriya.com) ( KOMPAS.COM)

Putar Roda Kemudi Saat Mobil Berhenti Bisa Merusak Power Steering?

17 September 2022 18:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika memarkir mobil, biasanya pengendara memutar roda kemudi ketika mobil sedang berhenti, terutama di tempat parkir yang sempit atau padat dengan kendaraan lain.

Nah, muncul anggapan bahwa memutar roda kemudi saat mobil berhenti bisa memperpendek usia sistem kemudi, baik itu power steering-nya atau pun rack steer.

Lalu, apakah benar anggapan tersebut?

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan beban kerja power steering pastinya lebih besar kalau roda kemudi diputar saat mobil berhenti, namun belum tentu bisa merusak komponen.

“Kerusakan pada power steeringnya sih tidak, baik itu yang tipe hidrolis mau pun yang menggunakan motor EPS karena itu hal yang terpisah walau memang secara teknis beban kerja power steering lebih besar ketika roda kemudi diputar saat mobil berhenti,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (16/9/2022).

Dia mengatakan justru yang bisa rusak adalah bagian rack steer-nya, karena itu komponen yang bersinggungan secara langsung untuk menghadapi beban karena pemutaran roda kemudi.

“Malah rack steer yang bisa cepat aus, itu pun untuk tipe yang sudah menggunakan motor EPS, karena itu merupakan adopsi dari rack steer tanpa power steering, kalau yang tipe hidrolis, beban kerja tersebut dibantu oleh minyak sehingga lebih awet dari ancaman aus,” ucap Hardi.

Dia menjelaskan struktur antara power steering hidrolis dengan EPS ada perbedaan yang berpengaruh pada keawetan rack steer.

“Beberapa yang dijumpai rack steer-nya aus ya mobil-mobil yang sudah menggunakan elektrik power steering,” ucap Hardi.

Jadi, anggapan memutar roda kemudi ketika mobil berhenti bisa menyebabkan rack steer cepat rusak itu benar bagi mobil-mobil tertentu. Sehingga, lebih baik meminimalisir perilaku mengemudi yang kurang tepat tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Putar Setir Saat Mobil Diam Bisa Merusak Power Steering?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/17/124200415/putar-setir-saat-mobil-diam-bisa-merusak-power-steering-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm