Ilustrasi anak gemuk
Ilustrasi anak gemuk ( Shutterstock/Africa Studio)

Gemuk Pada Anak Bukanlah Sebuah Kegagalan, Ajarkan Body Positivity

18 September 2022 08:42 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin ada beberapa dari kita yang pernah dapat pengalaman dikomentari negatif perihal berat badan oleh orang tua dulu. 

Namun, jangan sampai hal itu terulang pada anak kita ya, Kawan Puan. Kan, kita tahu bahwa hal tersebut tidaklah menyenangkan.

Untuk itu, mengajarkan body positivity pada anak itu penting. Salah contohnya dengan memberi tahu bahwa gemuk bukanlah kegagalan.

Pasalnya, dengan menanamkan konsep tubuh itu beragam, anak dapat lebih menerima dan mencintai tubuh mereka.

Melansir HuffPost, Jesicca Sprengle, seorang terapis trofesional dengan spesialisasi eating disorders, membagikan pengalamannya ketika dirinya kecil. 

"Aku bisa mengingat satu pertanyaan dari nenekku saat aku berumur 9 atau 10 tahun, kurasa ia mengatakan, 'gemuk sekali dia'.

Meskipun kalimatnya tidak secara langsung bilang tubuhku bermasalah, tetapi aku menangkap pesan bahwa aku harus menurunkan berat badan," cerita Jesicca pada HuffPost.

Setelah menjadi profesional di bidangnya, Jesicca membenarkan pandangan soal bentuk tubuh, bahwa menjadi gemuk bukanlah sebuah kegagalan moral.

"Budaya kita sangat takut gemuk. Prasangka buruk terhadap orang-orang yang bertubuh gemuk sangat tertanam di kepala kita," ungkap Jessica.

Seperti yang disampaikan Jesicca, konsep negatif tentang tubuh, standar tubuh yang tak sehat, serta diet yoyo yang tak ada habisnya sering kali diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm