KPI larang public figure pelaku KDRT muncul di program siaran.
KPI larang public figure pelaku KDRT muncul di program siaran. ( Instagram/kpipusat)

Pelaku KDRT Dilarang KPI Muncul di Program Televisi Maupun Radio

2 Oktober 2022 08:23 WIB

SonoraBangka.idKPI menyatakan tidak ada lagi kesempatan bagi public figure pelaku KDRT untuk muncul di berbagai program siaran.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), memberikan tindakan tegas bagi para pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Baik program siaran di televisi maupun program siaran di radio.

Pihak KPI juga menegaskan agar lembaga penyiaran tidak lagi menjadikan pelaku KDRT sebagai pengisi acara dalam semua program siaran.

Pernyataan ini disampaikan Nuning Rodiyah, selaku Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan melalui laman resmi KPI, kpi.go.id.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta kepada semua lembaga penyiaran untuk tidak menjadikan pelaku Kekerasa Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagai pengisi acara atau penampil dalam semua program siaran, baik di televisi dan radio," ungkap Nuning dalam keterangan tertulis.

KPI juga menjelaskan jika kemunculan pelaku KDRT dalam program siaran akan membawa dampak buruk.

Terlebih saat ini pemerintah dan pihak-pihak lainnya tengah berusaha mengendalikan kasus kekerasan dalam rumah tangga.

"Mengingat kemunculan para figur publik yang terindikasi sebagai pelaku KDRT, di lembaga penyiaran, akan memiliki dampak negatif terhadap usaha penghapusan KDRT di Indonesia," tambahnya. 

Menurut Nuning, para public figure harus memberi contoh positif kepada pemirsa, baik melalui apa yang nampak di layar kaca maupun contoh dalam kehidupan sehari-hari yang bersangkutan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm