Menhub dalam FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia(KEMENHUB)
Menhub dalam FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia(KEMENHUB) ( KOMPAS.COM)

Percepatan Kendaraan Listrik, Kemenhub Berencana Gratiskan Biaya Untuk Sertifikasi

6 Oktober 2022 18:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagai upaya mendukung percepatan transisi kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberikan program pembebasan biaya untuk Sertifikasi Registrasi Uji Tipe atau SRUT.

Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut dari komitmen pemerintah untuk dapat mencapai target produksi 2 juta kendaraan listrik khususnya untuk roda dua di Indonesia pada tahun depan.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya di acara FGD Menuju Pencapaian Target Presiden 2 Juta Sepeda Motor Listrik di Indonesia, Selasa (4/10/2022).

"Kami mendorong SRUT secara gratis agar memberikan suatu kemudahan-kemudahan dan saat ini sudah ada sekitar 28.000 SRUT kendaraan listrik yang kita selesaikan," kata Budi.

Ia mengungkapkan saat ini yang menggunakan sepeda motor di Indonesia sekitar 133 juta lebih, dengan permintaan setahunnya 5 juta unit. Sedangkan sebelum pandemi Covid-19 mencapai angka 10 juta unit.

Banyaknya peredaran motor listrik di Tanah Air diharapkan bisa mempercepat transisi dari kendaraan mesin BBM menjadi kendaraan listrik baterai.

Budi menilai ada tiga hal utama yang harus ditingkatkan untuk mempercepat transisi ke motor listrik, yakni kualitas baterai, memperbanyak stasiun pengisian atau penukaran baterai, serta kualitas mesin dari kendaraan listrik.

Bila pengguna motor listrik sudah banyak, dinilai akan menyehatkan bumi dari polusi udara, sekaligus mengurangi subsidi BBM yang mencapai Rp 502 triliun.

"Kita harapkan subsidi ini akan berkurang seiring dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan listrik. Uang yang tadinya untuk subsidi BBM, bisa kita gunakan untuk membangun bangsa," ucap Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Percepatan Kendaraan Listrik, Kemenhub Berencana Gratiskan Sertifikasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/06/140100315/percepatan-kendaraan-listrik-kemenhub-berencana-gratiskan-sertifikasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm