Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ( Biro Pers Sekretariat Presiden)

Lapor ke Presiden Jokowi, Menlu Retno Marsudi Sebut Persiapan G20 Berjalan Baik

31 Oktober 2022 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menyampaikan laporan terkait persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada, Senin (31/10/2022).

Dalam keterangannya usai pertemuan, Retno menyampaikan bahwa secara keseluruhan persiapan penyelenggaraan KTT G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang sudah berjalan dengan baik.

"Secara keseluruhan, in general, alhamdulillah so far semua persiapan berjalan dengan baik," ungkap Retno usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, (31/10/2022).

Terkait konfirmasi kehadiran para pemimpin negara G20, Retno memastikan bahwa hingga saat ini tingkat kehadiran para pemimpin G20 sangat tinggi, utk menghadiri KTT G20 yang tahun ini dipimpin oleh Indoneaia sebagai tuan rumah.

Kabar terbaru, Retno menyebutkan bahwa Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak, dan PM Italia Giorgia Meloni, sudah menyampaikan konfirmasi terkait kehadirannya di KTT G20 mendatang.

Meski demikian, Retno juga menyebut bahwa ada beberapa pemimpin negara masih menunggu konfirmasi kehadiran karena situasi khusus.

Baca Juga: Dit Lantas Polda Babel Gelar Police Go To School



"Brazil baru saja putaran kedua election-nya sudah selesai, tapi juga serah terimanya atau presiden baru mulai akan menjabat 1 Januari sehingga kita masih menunggu dari Brazil siapa yang akan mewakili Brazil di dalam KTT nanti," jelasnya.

Retno juga memaparkan bahwa para pemimpin G20 dijadwalkan tiba di Bali mulai tanggal 13 hingga 14 November 2022 dan akan langsung meninggalkan Bali setelah KTT G20 selesai.

Bahkan, beberapa pemimpin negara G20 akan langsung menuju ke Bangkok, Thailand, untuk menghadiri KTT APEC pada 18-19 November 2022, termasuk Presiden Jokowi.

"Rata-rata akan meninggalkan Bali pada tanggal 16 November sore atau tanggal 17 November karena sebagian dari para pemimpin itu juga akan terbang menuju Bangkok untuk menghadiri KTT APEC," papar Retno.

Selain KTT G20 dan KTT APEC, Retno menyebut bahwa Presiden Jokowi akan terlebih dahulu menghadiri KTT ASEAN yang akan diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja, pada 10-13 November 2022.

Kemudian, Presiden Jokowi dijadwalkan akan tiba di Bali pada 14 November 2022 untuk melaksanakan sejumlah pertemuan bilateral sebelum memulai secara resmi KTT G20 pada tanggal 15-16 November 2022.

"Banyaknya pertemuan ini kita sikapi dengan sangat baik karena ini menunjukkan antusiasme dan harapan terhadap G20 ternyata masih sangat tinggi. Jadi keinginan negara untuk melakukan engagement satu sama lain juga masih sangat tinggi, dan itu sekali lagi kita patut syukuri," ujarnya.

Retno pun menambahkan bahwa pertemuan dengan Presiden Jokowi masih akan terus digelar dalam waktu dekat untuk memastikan segala persiapan terkait penyelenggaraan KTT G20 di Indonesia berjalan dengan baik.

"Bapak Presiden ingin memastikan bahwa keketuaan kita, presidensi kita, KTT G20 di bawah presidensi kita insyaallah akan dapat berjalan dengan baik di tengah situasi dunia yang sangat tidak kondusif saat ini," kata Retno.

Sementara itu, menurut Retno, ada 18 pemimpin dunia yang akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di sela-sela KTT G20 mendatang, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Hal tersebut pun dinilai sebagai antusiasme dan harapan para pemimpin negara terhadap Presidensi Indonesia dalam KTT G20 kali ini, sangat tinggi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm