Ilustrasi detak jantung.
Ilustrasi detak jantung. ( Freepik)

Apa Fungsi Automated External Defibrillator untuk Henti Jantung Mendadak?

1 November 2022 10:53 WIB

SonoraBangka.id - Alat defibrillator eksternal automatis atau automated external defribillator merupakan salah satu alat penting untuk yang harus ada di kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Sayangnya, tak sedikit tempat kerja yang tidak memiliki automated external defribillator (AED) di kotak P3K, padahal alat ini berpotensi menyelamatkan nyawa jika ada kejadian henti jantung mendadak.

Berdasarkan siaran pers yang PARAPUAN terima dari Yayasan Jantung Indonesia Jumat (1/7/2022) terungkap data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia tahun 2015, insiden henti jantung mendadak (SCA) terjadi hingga sekitar 300.000-350.000 insiden per tahunnya.

"Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner (PJK). Sebanyak 50 persen pasien PJK berpotensi mengalami henti jantung mendadak atau kematian jantung mendadak," terang dr. Radityo Prakoso SpJP(K), FIHA, FAsCC selaku Ketua PP Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Menurut dr. Radityo dengan adanya akses awal ke AED ini sangat berperan penting karena kemungkinan potensi hidup pasien henti jantung dapat meningkat hingga 75 persen.

Ia menambahkan, AED akan membuat perbedaan nyata antara kehidupan dan kematian, karena alat ini memungkinkan korban henti jantung untuk menerima perawatan dengan cepat.

Disarankan oleh dr. Radityo, AED sebaiknya dipasang di fasilitas umum seperti:

- Perkantoran

- Stasiun MRT 

 

- Mall dan pasar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm