Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding hitam. (SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU)
Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding hitam. (SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU) ( KOMPAS.COM)

3 Keuntungan Menggunakan Warna Cat Gelap Untuk Kamar Tidur

1 November 2022 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Keadaan kamar tidur yang nyaman dari sisi dekorasi dan penataan dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Hal ini juga berkaitan dengan pemilihan warna di kamar tidur. Biasanya, kamar tidur menggunakan warna-warna yang menenangkan seperti biru, hijau, dan warna-warna lembut lainnya. 

Tapi, dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (1/11/2022), kini banyak orang yang menggunakan warna-warna gelap seperti abu-abu arang, teal tua, bahkan hitam.

Kabar baiknya adalah tren ini bermanfaat untuk tidur, baik membantu tidur lebih lama maupun mudah. Berikut sejumlah keuntungan menggunakan warna cat gelap di kamar tidur.

Memberi ketenangan

Desainer dan ahli feng shui, Aubrey Thorne, mengatakan, apa yang menyebabkan perasaan tenang belum tentu rona, tetapi tidak adanya putih.

Putih memantulkan cahaya dan hitam menyerap cahaya. Jadi, ketika warna yang lebih terang memantulkan cahaya di sekitar ruangan, ada lebih banyak aktivitas di sana. 

Sebaliknya, warna yang lebih gelap memantulkan lebih sedikit cahaya dan ruangan yang lebih gelap kurang aktif sehingga lebih tenang.

"Tubuh dan otak kita terhubung untuk merespons tingkat cahaya berbeda dan warna benar-benar mempengaruhi bioritme kita sehingga mempengaruhi suasana hati, pikiran, dan perilaku," kata Thorne. 

Menciptakan kontras yang baik

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm