Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.(AFP/JAVIER SORIANO)
Pebalap Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, 5 November 2022. Hasil balapan di MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022), memastikan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022.(AFP/JAVIER SORIANO) ( KOMPAS.COM)

Hasil MotoGP Valencia 2022, Bagnaia Sebagai Juara Dunia, Suzuki Istimewa

6 November 2022 22:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rider Ducati Francesco Bagnaia akhirnya mengukuhkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2022. Walau tidak naik podium, perolehan poin Pecco Bagnaia sudah tidak terkejar oleh Fabio Quartararo.

Pebalap Suzuki, Alex Rins, memberikan perpisahan yang manis buat Suzuki yang mundur dari MotoGP. Rins mampu menjadi juara di balapan MotoGP Valencia, Minggu (6/11/2022).

Brad Binder dari KTM ada di posisi kedua dan di posisi ketiga ditempati oleh Jorge Martin dari Pramac Ducati.

Pecco Bagnaia sendiri finis di posisi sembilan dan Quartararo menyelesaikan balapan di posisi empat.

Jalannya Balapan

MotoGP Valencia 2022 berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, yang namanya diambil dari legenda balap motor Spanyol, Ricardo Tormo. Ia merupakan juara dunia balap tahun 1978 dan 1981.

Tapi Tormo terpaksa harus pensiun di tahun 1984 karena mengalami crash hebat yang mengakibatkan kakinya cidera parah kala menjalani sesi uji coba.

Dia kemudian meninggal dunia tahun 1998 karena mengidap penyakit leukemia. Untuk menghormatinya, namanya diabadikan menjadi nama sirkuit di Valencia ini.

Tercatat, seri pamungkas MotoGP selalu diselenggarakan di Sirkuit Ricardo Tormo sejak 2002 sampai dengan saat ini.

Sirkuit Ricardo Tormo memiliki panjang lintasan hingga 4 km dengan 14 tikungan, yaitu sembilan tikungan ke kiri dan lima tikungan ke kanan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm