Bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM) bersama PLN Babel menggelar acara Forum Keselamatan Ketenagalistrikan
Bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM) bersama PLN Babel menggelar acara Forum Keselamatan Ketenagalistrikan ( Humas PLN Babel)

Gandeng Dinas ESDM, PLN Babel Mengajak Stakeholder Untuk Peduli K2

1 Desember 2022 09:08 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung bersama dengan Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Belitung melaksanakan Forum Keselamatan Ketenagalistrikan yang dihadiri oleh stakeholder yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel Bangka (30/11/2022).

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri oleh General Manager PLN UIW Babel, Ajrun Karim, Manager PLN UP3 Bangka, Edy Saputra, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel, Drs. Muhammad Soleh dan Inspektur Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan dan Energi, Ahmad Zulkurnia.

Tidak hanya itu, forum juga dihadiri oleh jajaran stakeholder di lingkungan Pangkalpinang, di antaranya; jajaran forkopimda, pelaku usaha, pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, pelaku bisnis dan industri, hingga kontraktor kelistrikan.

Dalam sambutannya, Ajrun Karim mengatakan, kebutuhan listrik di Bangka Belitung terus meningkat seiring dengan permintaan masyarakat dan para investor, untuk mendukung hal tersebut, diperlukan regulasi keselamatan ketenagalistrikan yang cukup mendukung, agar potensi bahaya dapat dihindarkan.

Di antaranya adalah dengan penerapan Undang-Undang (UU) Nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

“Listrik yang awalnya bersumber dari air di PLTA, ketika menjadi output produk listrik bisa jadi sumber api dirumah-rumah warga ketika ada short circuit. Sehingga diperlukan sosialiasi bagaimana penerapan Undang-Undang (UU) ini agar dapat tersampaikan dan dipatuhi,” kata Ajrun.

Perkembangan pembangunan di kepulauan Bangka Belitung yang tumbuh pesat juga bisa memunculkan potensi-potensi bahaya apabila masyarakat atau pihak pelaksana pekerjaan tidak berhati-hati ketika membuat bangunan yang lokasinya berdekatan dengan jaringan Tegangan Menengah (TM) PLN tanpa disertai alat pengaman dan pengawasan yang cukup. Sehingga perlu ada sosialisasi yang terus menerus dari Pihak PLN baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Hari ini kami kami berterima kasih kepada pihak Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung yang telah bersedia membantu melaksanakan forum ketenagalistrikan keselamatan dan mensosialisasikan kepada stakeholder dan masyarakat,” imbuhnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel, Drs. Muhammad Soleh, menyampaikan apresiasi kepada PLN yang telah mengadakan Forum Keselamatan Ketenagalistrikan bersama Stakeholder sebagai langkah nyata kepedulian PLN terhadap keselamatan masyarakat.

Menurut Soleh, masyarakat harus turut berperan aktif peduli dan sadar akan bahaya listrik, karena listrik adalah milik bersama dan digunakan bersama pula.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm