Ilustrasi olahan jagung manis yang bisa dijadikan bubur atau es menyegarkan.
Ilustrasi olahan jagung manis yang bisa dijadikan bubur atau es menyegarkan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Nikmat Dengan Parutan Daging Kelapa Muda, Berikut Resep Es Jagung

4 Desember 2022 06:20 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu olahan jagung yang unik adalah es jagung. Pada resep minuman menyegarkan ini, menggunakan jagung pipil rebus, gula, dan daging kelapa muda.  Tak lupa, ditambahkan dengan es puter rasa kopyor di atasnya untuk menambah cita rasa segar pada sajian.  Menu olahan jagung menjadi minuman segar ini cocok untuk ide suguhan unik saat ada acara di rumah. Simak resepnya dalam buku "Seri Penganan Jadul Tetap Favorit: Aneka Es" (2013) oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep es jagung

Bahan 

300 gram jagung manis segar, pipil, dan rebus

500 ml air

75 gram gula pasir

1 lembar daun pandan, simpulkan 

200 gram daging buah kelapa muda

Es puter rasa kopyor

Cara membuat es jagung

1. Masukkan jagung, air, gula, dan daun pandan ke dalam sebuah panci. Masak sambil diaduk hingga matang dan air berkurang. Biarkan hingga dingin. 

2. Penyajian: Tuang jagung ke dalam gelas saji. Tambahkan parutan kelapa muda dan es puter di atasnya. Sajikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Jagung, Nikmat dengan Parutan Daging Kelapa Muda", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/02/121300075/resep-es-jagung-nikmat-dengan-parutan-daging-kelapa-muda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm