Ilustrasi pepes ikan kukus bungkus daun pisang di atas wadah saji.
Ilustrasi pepes ikan kukus bungkus daun pisang di atas wadah saji. ( SHUTTERSTOCK/CHOLIFAHCHO2)

Nikmati Dengan Nasi Hangat, Berikut Cara Membuat Pepes Tongkol Suir

7 Desember 2022 14:09 WIB

SonoraBangka.id - Sedang punya stok ikan tongkol dalam jumlah banyak di rumah? Coba ikuti resep pepes tongkol suwir yang cocok untuk lauk makan nasi hangat.  Resep olahan tongkol ini dimasak dengan bumbu sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kencur, dan jahe. Dengan penggunaan sederet bahan tersebut, pepes tongkol menjadi lebih sedap dan gurih.  Bahkan kamu bisa menambahkan aneka daun aromatik seperti kemangi untuk menambah lezat cita rasa. Simak cara membuat pepes ikan tongkol dari buku "50 Resep Masakan Serba Ikan Rendah Karbo" (2018) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep pepes tongkol suwir

Bahan 

300 gram ikan tongkol, siangi, cuci, dan kukus hingga matang

2 sdm cabai merah, iris miring

  200 ml santan kental 

1 butir telur ayam, kocok sebentar

2 sdm minyak goreng

Bumbu halus

2 sdm bawang merah iris

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm