Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.(Youtube/Maxresdefault)
Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.(Youtube/Maxresdefault) ( KOMPAS.COM)

Injak Kopling atau Rem Dahulu Saat Akan Kurangi Kecepatan Mobil Manual?

12 Desember 2022 21:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mengendarai mobil transmisi manual berbeda dengan mengendarai mobil transmisi matik.

Diperlukan teknik berkendara yang tepat untuk mengoperasikan mobil manual, salah satunya dalam menggunakan pedal rem dan juga pedal kopling.

Pada saat akan mengurangi kecepatan atau melakukan deselerasi, dibutuhkan teknik yang tepat untuk menggunakan mobil manual di jalan.

Saat ini ada dua teknik yang kerap digunakan untuk mengurangi kecepatan mobil manual. Yang pertama yaitu injak pedal kopling dulu baru pedal rem, lalu yang kedua injak pedal rem dulu baru pedal kopling.

Lalu cara mana yang paling tepat untuk mengurangi kecepatan mobil manual? Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan jika cara yang kedua lebih dianjurkan untuk mengurangi kecepatan mobil manual.

“Yang benar injak pedal rem dulu baru pedal kopling setelah mau berhenti,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (12/12/2022).

Menurut Sony, cara yang kedua akan membuat kecepatan pada mobil berangsur-angsur berkurang dengan mulus dan terukur.

Oleh karena itu, baiknya menginjak rem terlebih dahulu perlahan, baru setelah itu menginjak kopling.

Pada saat pedal rem diinjak perlahan, mobil tidak akan langsung berhenti, tapi secara perlahan mobil memperlambat lajunya. Tidak cuma itu, cara berkendara seperti ini juga akan membuat mobil lebih irit bahan bakar.

“Tujuannya untuk mengoptimalkan engine brake supaya lebih irit bahan bakar. Kerja sistem pengereman pada mobil tidak berat karena dibantu kerja engine brake,” kata Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Injak Kopling atau Rem Dahulu Saat Kurangi Kecepatan Mobil Manual?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/12/110200015/injak-kopling-atau-rem-dahulu-saat-kurangi-kecepatan-mobil-manual-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm