Ilustrasi daging bebek asap.
Ilustrasi daging bebek asap. ( shutterstock/Victor FlowerFly)

Pakai Suhu Rendah, Berikut Tips Agar Daging Bebek Asap Matang Sempurna

14 Desember 2022 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Sama halnya dengan daging sapi, daging bebek juga bisa dimasak menggunakan teknik pengasapan. Daging bebek asap dapat dinikmati langsung menjadi teman makan nasi atau diolah menjadi sajian baru, seperti nasi goreng. Sebelum membuat daging bebek asap, pastikan kamu memiliki alat untuk mengasap atau smoker. Yudhistira Hartanto, pemilik Dean Hart's Bbq sekaligus co founder NGASAP (Nasi Goreng Asap), menjelaskan tiga cara membuat daging bebek asap berikut ini.

1. Pakai suhu rendah

Berbeda dengan teknik masak lain yang umum menggunakan suhu tinggi, pengasapan justru memanfaatkan suhu rendah, termasuk saat mengolah daging bebek. Yudhistira mengatakan, teknik menggunakan suhu rendah ini dikenal juga dengan sebutan low and slow. "Dalam artian, suhu yang rendah dan waktu panjang. Suhunya rendah banget, sekitar 100-140 derajat2

2. Masak selama 8 jam

Rendahnya suhu pemasakan, membuat daging bebek membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Smoked meat atau daging asap memang tidak bisa dimasak sebentar. Paling minim, daging bebek harus dimasak selama delapan jam dalam smoker. "Durasinya bisa enam sampai delapan jam, tergantung ukuran daging bebek," ujar Yudhistira.

3. Langsung sajikan atau simpan

Terakhir, Yudhistira mengatakan, daging bebek asap bisa langsung dipotong-potong dan disajikan. Jika tidak ingin langsung menyantapnya, kamu bisa membungkusnya rapat dan menyimpannya di freezer. "Selama disimpan di freezer itu aman. Idealnya maksimal tiga bulan. Nanti harus dihangatkan lagi, cukup sebentar karena sudah matang," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Daging Bebek Asap agar Matang Sempurna, Saran Langsung dari Penjualnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/14/140600575/3-cara-membuat-daging-bebek-asap-agar-matang-sempurna-saran-langsung-dari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm