Ilustrasi panada daging kari
Ilustrasi panada daging kari ( DOK.SHUTTERSTOCK/Syanti Ekasari)

Bisa Buat Camilan Natal, Berikut Cara Membuat Panada Khas Manado

17 Desember 2022 21:21 WIB

SonoraBangka.id- Panada adalah camilan khas Manado yang mirip pastel tetapi berbeda teksturnya, panada lebih empuk seperti roti dengan isian ikan tongkol. Panada biasanya juga memiliki sedikit rasa pedas, cara membuatnya mudah bisa untuk camilan perayaan Natal. Panada terbuat dari bahan isian, yaitu ikan tongkol, cabai merah, kemangi, santan kental, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, ketumbar, air jeruk nipis, garam, dan gula. Simak resep panada khas Manado berikut ini, dikutip dari buku "Resep Kudapan Khas Banjarmasin, Manado, dan Gorontalo" (2021) karya Tim Dapur Lestari terbitan Puspa Swara. 

Resep panada khas Manado

Bahan kulit:

500 gram tepung terigu protein tinggi

1/2 bungkus (kurang lebih 6 gram) ragi instan

1 sdm gula pasir

1 butir telur, kocok lepas

100 ml susu cair dingin

1 sdm mentega, kocok dengan mikser hingga lembut

Garam halus secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm