Power window kaca mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Power window kaca mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Power Window Macet, Komponen Apa yang Rusak?

17 Desember 2022 22:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Power window jadi fitur wajib yang ada pada mobil era tahun 2.000 an sampai generasi terbaru saat ini. 

Pada mobil era lebih lama, proses buka tutup kaca jendela dilakukan secara manual. Alias engkol! 

Seiring perkembangan zaman, teknologi power window juga masih tetap fokus pada mekanisme motor elektrik. 

Salah satu keluhan yang sering terjadi pada fitur ini, adalah kaca macet tak bisa dibuka atau ditutup. 

Lantas apa yang rusak

Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, kerusakan power window dikategorikan menjadi dua, ringan dan berat. 

"Kotoran di rel kaca saja bisa membuat power window macet. Kan banyak tuh debu dan butiran pasir kecil yang masuk celah-celah karet kaca," kata Andika kepada Kompas.com, Sabtu (17/12/2022). 

Kerusakan komponen elektrikal juga bisa menyebabkan kaca macet. Andika mengatakan, dua komponen utama yang menentukan adalah switch dan saklar yang korslet. 

Komponen central lock dan power window sensitif kalau sampai terkena air hujan. Masalah tersebut dikarenakan adanya celah-celah lubang di dekat talang air atau karet kaca dengan diameter tertentu. 

"Saklar dan switch jika macet, kaca tau-tau berhenti di tengah-tengah. Kedua komponen elektikal tersebut dijadikan jalur aliran listrik," ucapnya.

Selain itu, motor dinamo yang aus karena faktor usia juga jadi salah satu penyebab lainnya. Tapi umumnya, hanya terjadi khusus mobil-mobil yang punya usia 10 tahun lebih.

"Bagian motor yang sering rusak adalah brush atau sikat motor. Pasti tak ada aliran listrik, karena fungsinya sebagai penyalur listrik dari sumber arus ke rotor motor power window yang berputar. Ada semacam brush yang bergerak dan bergesekan dengan rotor," ucapnya.

Jenis kerusakan ringan masih bisa diperbaiki, tapi untuk kerusakan motor dan elektrikal-elektrikal yang mengalami voltase drop, cuma bisa dilakukan pergantian parts. 

"Kalau cuma kotor dari karet kaca bisa dibersihkan mengunakan silicon grease, supaya mengurangi bunyi suara kasar juga. Sementara jika karena switch atau saklar power window juga masih bisa di bersihkan contact point-nya atau bisa diganti bila memang perlu,” kata Andika.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Power Window Macet, Bagian Apa yang Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/17/120200015/power-window-macet-bagian-apa-yang-rusak-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm