Prajurit Korem 045/Gaya Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SMK Negeri 2 Pangkalpinang
Prajurit Korem 045/Gaya Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SMK Negeri 2 Pangkalpinang ( Korem 045 Gaya)

Prajurit Korem 045/Gaya Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa SMK Negeri 2 Pangkalpinang

20 Desember 2022 12:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam rangka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pengurus OSIS siswa SMK Negeri 2 Pangkalpinang tahun ajaran 2022-2023, Prajurit Korem 045/Gaya Bekali Wawasan Kebangsaan kepada 150 siswa kelas 10 dan 11untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dilingkungan sekolah. bertempat di Pantai Tuing Kec. Riau Silip Mapur Bangka Sabtu 17/12/2022.

Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA. yang diwakili Pasi Lidpam Mayor Inf Subkhan memberikan pembekalan pembekalan wawasan kebangsaan kepada para pengurus OSIS SMK Negeri 2 Pangkalpinang dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Dalam pembekalannya Mayor Inf Subkhan mengatakan para generasi muda terutama dilingkungan sekolah baik siswa dan siswi harus memahami Wawasan Kebangsaan untuk mewujudkan kecintaannya kepada bangsa Indonesia, dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan memahami 4 pilar Negara yaitu Pancasila , UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Ini sangat penting sekolah harus mengenalkan dan menerapkan kehidupan para siswa dalam proses belajar mengajar tentang wawasan kebangsaan sebagai pembentukan karakter, dengan penguatan pembinaan latihan dasar kepemimpinan para siswa akan tertanam pada dirinya menjadi individu yang maju, berdikari, handal dan tanggung jawab.

Perilaku cinta tanah air bisa diwujudkan oleh siswa-siswi diantaranya bersekolah dengan rajin belajar dan berlatih , bercita-cita luhur, mentaati aturan atau hukum, menghormati perbedaan suku dan keragaman, bersikap prilaku yang baik , ikut bela negara dan lain sebaginya.

Dengan pemahaman wawasan Nusantara maka para siswa dan siswi akan bangga jadi warga negara Indonesia, menjadi bagian pewaris budaya dan menguatkan identitas bangsa Indonesia karena tertanam sikap disiplin, taat aturan, jujur, prilaku sopan santun, sikap toleran dan menghargai perbedaan sebagaimana tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Mayor Inf Subkhan berharap dengan pembekalan pengetahuan wawasan kebangsaan dapat meningkatkan rasa cinta kepada Tanah air, tidak mudah terpengaruh radikalisme dan memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam belajar, timbul rasa nasionalisme, memahami nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta tumbuh semangat juang Bela Negara untuk memajukan bangsa Indonesia.

Selanjutnya Kepala sekolah SMA Negeri 2 Pangkalpinang Muhammad Rafajar, S.Pd, M.Ti menyampaikan terimakasih kepada Korem 045/Gaya atas pembekalannnya
"Semoga bermanfaat dan meningkatkan kedisiplinan serta motivasi rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia bagi siswa dan siswi sehingga menjadi manusia yang unggul dimasa depan," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm