Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.(SHUTTERSTOCK / New Africa)
Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.(SHUTTERSTOCK / New Africa) ( KOMPAS.COM)

Selain Feng Shui, Ini Alasan Mengapa Harus Menutup Kloset

27 Desember 2022 18:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Di Tiongkok kuno, berkembang filosofi yang disebut feng shui, atau kekuatan energi alam di sekitar manusia, yang dikenal sebagai chi.

Menurut feng shui, air memiliki cara menarik energi dan bahkan dapat menarik kekayaan Anda, dan itulah mengapa air harus selalu tertutup.

Maka dari itu, penulis dan pakar feng shui Lillian Too mendesak semua orang untuk menutup kloset atau berisiko pada hal yang negatif. Dilansir Daily Star, Selasa (27/12/2022) tapi ada penjelasan yang lebih ilmiah mengapa harus menutup kloset, terutama saat menyiram.

Pembaruan tahun 2015 pada studi tahun 1975 dari Jurnal Pengendalian Infeksi Amerika telah memperingatkan bahwa kloset benar-benar dapat menjadi kumpulan virus dan infeksi di udara yang dapat didorong ke udara saat kloset disiram.

Studi tersebut mengatakan, kloset yang terkontaminasi telah terbukti dengan jelas menghasilkan bioaerosol droplet dan droplet nuklei yang besar selama pembilasan.

Studi tersebut menambahkan bahwa gumpalan tetesan yang keluar dari kloset saat disiram dapat memainkan peran penting dalam penularan penyakit menular termasuk norovirus, SARS, dan pandemi influenza.

Partikel berbahaya

Para peneliti yang menulis untuk jurnal sains Physics of Fluids juga memperingatkan bahwa kloset bisa menjadi berbahaya jika digunakan secara tidak benar setelah mereka menemukan partikel Covid-19 dalam tetesan aerosol kecil yang dapat didorong setinggi 90 cm ke udara.

Partikel-partikel ini dapat terhirup atau mendarat di permukaan kamar mandi termasuk sikat gigi dan handuk.

Berbicara kepada Today Home, ahli mikrobiologi Janet Hill menjelaskan, tetesan yang lebih besar dan aerosol kemungkinan tidak menyebar terlalu jauh di atas atau di sekitar kloset, tetapi tetesan yang sangat kecil dapat tetap melayang di udara untuk beberapa waktu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm