Ilustrasi steak medium rare.
Ilustrasi steak medium rare. ( shutterstock/Chatham172)

Simak Sebelum Masak, Berikut Ini 2 Alasan Daging Steak Keras

29 Desember 2022 12:53 WIB

SonoraBangka.id - Steak daging sapi sempurna umumnya ditandai dengan tekstur lembut dan berair saat dimakan. Kelezatan steak daging sapi bisa didapatkan bila memasaknya dengan benar. Sebaliknya, pemasakan yang salah dapat menyebabkan tekstur daging menjadi keras. Christopher Yapvian, pemilik MeMeat Indonesia, membagikan dua penyebab daging steak keras yang harus kamu hindari berikut ini. 

 1. Pemilihan daging sapi yang salah

Jenis daging sapi ada banyak. Begitu juga dengan potongannya. Menurut Christian, hal ini merupakan faktor penting yang menentukan tekstur akhir steak daging. Biasanya, semakin mahal dan berkualitas daging sapi yang digunakan, tekstur dagingnya semakin lembut, terlepas dari tingkat kematangan yang diinginkan. "Misalnya, beli steak daging mahal dengan tingkat kematangan tidak well done banget, ya bakal jadi oke-oke saja," kata Christian saat ditemui Kompas.com, Kamis (22/12/2022).. Sebaliknya, steak daging bisa saja berakhir dengan tekstur keras bila kualitas daging sapinya tidak terlalu bagus.

2. Durasi masak yang terlalu lama

Menurut Christian, durasi memasak steak daging berbeda, tidak ada pakem waktu karena menyesuaikan keinginan setiap orang. Namun, steak daging sebaiknya tidak dimasak terlalu lama. Sebab, bisa membuat tekstur lembutnya berubah menjadi keras. Pemasakan steak daging setidaknya memakan waktu 5-10 menit untuk menghasilkan tekstur lembut dan juicy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Penyebab Daging Steak Keras, Simak Sebelum Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/28/180600375/2-penyebab-daging-steak-keras-simak-sebelum-masak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm