Ilustrasi dapur minimalis.(Shutterstock/ImageFlow)
Ilustrasi dapur minimalis.(Shutterstock/ImageFlow) ( KOMPAS.COM)

Ini Posisi Terbaik Menempatkan Dapur Berdasarkan Vastu dan Feng Shui

5 Januari 2023 21:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dapur menjadi bagian penting dari sebuah rumah dan faktor utama dalam kesehatan umum serta kesejahteraan penghuni.

Selain itu, dapur adalah area rumah paling terpengaruh dari semua jenis energi. Karena itu, area penting dari rumah ini harus berada di tempat yang sesuai, yaitu Tenggara yang diatur elemen api. 

Dilansir dari Times of India, Kamis (5/1/2023), ada beberapa aturan dalam Vastu terkait dengan posisi dapur. Sesuai dengan Vastu, area timur laut, barat daya, dan tengah rumah tidak boleh digunakan untuk membangun dapur.

Kompor gas di dapur tidak boleh terlihat dari luar, dapur tidak boleh berdampingan dengan kamar mandi, dan berada di atas atau bawah kamar mandi. 

Tak cuma itu, pintu dapur tidak boleh menghadap ke pintu kamar mandi serta tidak boleh menghadap pintu masuk utama rumah karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan penghuninya. 

Hindari menempatkan dapur di tengah rumah

Sementara itu, menurut feng shui, hindari menempatkan dapur di bagian tengah rumah. Lokasi terbaik menempatkan dapur di rumah adalah di bagian timur atau selatan sehingga dapat mempromosikan elemen api.

Kalau kompor menghadap ke pintu depan rumah, sebaiknya letakkan sekat di antara pintu depan dan dapur agar kompor tidak terlihat dari pintu.

Tapi, apabila tidak ada pilihan lain untuk menempatkan dapur di tengah rumah, coba beri energi pada area lain seperti ruang tamu atau ruang makan dengan lampu terang atau musik sehingga dapat menggeser jantung rumah.  

Apabila saat memasak membelakangi pintu, gunakan cermin atau pantulan dari oven microwave di atas kompor sehingga bisa melihat pintunya.

Selain itu, kulkas dan elemen api, seperti kompor, tidak boleh diletakkan bersebelahan. Jika tidak punya pilihan, letakkan tanaman atau sesuatu yang hijau di antaranya guna memblokir dan menyeimbangkan energi.

Begitu pun, apabila memiliki rumah berlantai dua dan kompor berada tepat di bawah kamar mandi, Anda dapat menyorotkan cahaya terang ke atas untuk memisahkan api dan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Posisi Terbaik Menempatkan Dapur Menurut Vastu dan Feng Shui ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/05/142500976/ini-posisi-terbaik-menempatkan-dapur-menurut-vastu-dan-feng-shui-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm