Ilustrasi anak sekolah
Ilustrasi anak sekolah ( DOK. SINERGIA ANIMAL )

Libur Telah Usai, Ketahui Kiat Agar Anak Tak Rewel Saat Masuk Sekolah

7 Januari 2023 07:26 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini musim libur nataru (Natal dan tahun baru) yang cukup panjang bagi anak sekolah sudah selesai.

Anak-anak kembali bersiap untuk belajar dan bermain dengan teman juga guru mereka. Ada yang menanti-nanti. Namun, ada pula anak yang rewel saat masuk sekolah lagi.

Hal ini tentu jadi tantangan besar bagi orangtua. Sebab biasanya si kecil rewel di hari pertama sekolah karena merasa asing atau terlalu nyaman dengan momen liburan.

Alhasil, kita jadi ikut khawatir saat melepas mereka masuk sekolah lagi.

Tapi... tahu enggak sih, kalau rasa khawatir itu bisa membuat anak makin rewel dan membuatnya enggak ditinggalkan di lingkungan sekolah, lho.

Lantas bagaimana kiat menyiasatinya?

Sebenarnya hari pertama sekolah bisa dilewati dengan baik dan anti rewel, jika persiapan yang baik telah dilakukan oleh orangtua.

Bukan hanya mempersiapkan perlengkapan sekolah, tetapi juga mempersiapkan mental anak, seperti yang dilakukan oleh Influencer Gita Mechtilde.

Ada 4 kiat yang dibagikan founder of Momfluencer ini yang bisa dijadikan acuan agar si kecil tak rewel.

1. Ajak Si Kecil Mengenali Tempatnya Sebelum Sekolah Dimulai

Baiknya, sebelum memulai sekolah, anak kembali dikenalkan atau diajak lagi melihat-lihat gedung sekolahnya. Beri pengertian mengenai sekolah dan pentingnya bersekolah.

Seperti Gita yang senang mengajak anaknya, Gianna, beberapa kali melihat-lihat gedung sekolahnya hingga menceritakan kondisi sekolah.

Ia bercerita pada Gianna jika di sekolah nanti dia akan bertemu dengan banyak teman dan banyak mainan baru yang menyenangkan.

Langkah ini dilakukannya agar si kecil tak kaget saat memulai sekolah lagi. 

2. Persiapkan Perlengkapan Sekolah

Setelah mengajak si kecil menelusuri sekolah, kamu bisa mempersiapkan perlengkapan sekolah yang lucu dan menggemaskan. Hal kedua inilah yang juga diterapkan oleh ibu tiga anak ini di hari pertama sekolah Gianna.

Ia mempersiapkan perlengkapan sekolah Gianna yang lucu-lucu dan memberitahunya jika perlengkapan sekolah ini yang nantinya akan dipakai Gianna untuk bersekolah.

Maka, dengan mempersiapkan perlengkapan sekolah, anak akan lebih semangat untuk menggunakannya di hari pertama sekolah.

3. Siapkan Bekal Favoritnya

Bekal menjadi salah satu hal yang paling dinanti anak saat di sekolah.

Oleh karena itu, perempuan berusia 36 tahun ini mempersiapkan makanan dan minuman favorit Gianna agar ia lebih bersemangat di hari pertama sekolahnya.

Jangan lupa, isi bekalnya sesuaikan juga dengan kebutuhan gizi anak, ya.. Pertimbangkan pilihan menu yang disukai anak sehingga mereka menikmati makanannya.

4. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Pastikan saat berangkat sekolah di hari pertama suasana hati si kecil riang gembira. Salah satu cara Gita dalam hal ini adalah dengan memutarkan lagu yang menyenangkan agar Gianna merasa senang dan bersemangat untuk berangkat sekolah.

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga mental si kecil agar memiliki perasaan senang berangkat sekolah.

Pasalnya, jika keadaan si kecil tidak senang, maka sikap berani dan percaya diri tidak akan timbul. Bahkan bisa jadi anak cenderung enggan berangkat sekolah.

Namun jangan lupa juga, agar orangtua perlu membekali anak dengan perlindungan kesehatan yang memadai ya. Seperti masker sampai handsanitizer. 

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053643551/libur-nataru-segera-usai-ini-4-kiat-agar-anak-tak-rewel-saat-masuk-sekolah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm