Ilustrasi pasangan suami istri muda
Ilustrasi pasangan suami istri muda ( Dok. Shuttertock/Makistock)

Tips Pintar Atur Uang, Bagaimana Peran Seorang Ayah Dalam Keluarga?

10 Januari 2023 09:52 WIB

SonoraBangka.id - Dalam kehidupan berumah tangga, baik peran suami atau istri adalah sama-sama pentingnya.

Keduanya juga memiliki tanggung jawab yang besar.

Menurut perencanaan keuangan Finansialku, Harryka Joddy, CFP, kita harus melihat bahwa peran Ayah dalam keuangan keluarga adalah sebagai pencari nafkah utama.

Saat seorang laki-laki memutuskan untuk menikah, maka di depan semua orang yang menjadi saksi pernikahan tersebut ia berjanji untuk dapat memenuhi kebutuhan keluarganya atau istri dan anaknya.

Seorang ayah juga harus berusaha keras agar perahu rumah tangganya bisa berjalan semulus mungkin dengan minim gangguan keuangan.

Dalam perjalanan kehidupan berumah tangga, seorang ayah wajar dituntut untuk memberikan nafkah utama dan sumber penghasilan bagi keluarga.

Tak berarti istri tidak bisa menghasilkan, banyak juga istri atau pasangan yang juga bekerja sehingga dapat menambah penghasilan keluarga asalkan pembagian peran sudah disepakati bersama.

Sebagai pencari nafkah utama, sudah seharusnya seorang ayah juga jago dalam mengatur keuangan keluarga.

Apabila masih ada yang kurang, seorang ayah harus mencari penghasilan sampingan sebagai sumber tambahan lainnya yang bisa membuat kebutuhan keluarga tidak terganggu.

Ayah yang baik juga harus memiliki tingkat literasi yang tinggi terhadap instrumen keuangan yang bisa digunakan untuk mencapai beberapa tujuan keuangan keluarga.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm