ilustrasi praline.
ilustrasi praline. ( SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker)

Kemas Cantik Untuk Bingkisan, Berikut Cara Membuat Cokelat Praline

1 Februari 2023 17:06 WIB

SonoraBangka.id - Menjelang Valentine, beberapa pemilik usaha kecil menengah sedang mencari ide untuk meluncurkan menu khasnya. Salah satu menu yang bisa digunakan adalah cokelat praline.  Olahan cokelat yang biasa dikemas dalam bingkisan mewah ini bisa kamu coba buat di rumah dengan mudah. Terdapat penggunaan kurma sebagai isiannya yang membuat cita rasa manisnya lebih terasa legit.  Simak cara membuat cokelat praline dari buku "Cokelat Praline,Truffle & Gula-gula Untuk Suvenir" oleh Nursaadah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Bikin untuk 20 buah. 

Resep cokelat praline

Bahan 

350 gram milk cooking chocolate, tim hingga leleh 

Bahan isi

30 ml susu evaporasi 

1 sdt glukosa

10 buah kurma, cincang kasar 7

5 gram dark cooling chocolate, cincang 

Cara membuat cokelat praline

1. Isi: Siapkan panci bersih, masak susu evaporasi dan glukosa hingga larut. Aduk hingga rata. Masukkan kurma dan dark cooking chocolate, aduk rata. Angkat. 

2. Simpan dalam lemari es selama satu malam. Dinginkan cetakan cokelat dalam lemari es. Tuang milk cooking chocolate ke dalam cetakan, ratakan dengan kuas untuk bagian tepi cetakan hingga merata. 

3. Ulangi beberapa kali mengoles tepi cetakan hingga hingga diperoleh lapisan cokelat yang tebal. Masukkan cetkan ke dalam lemari es. Beri isi, masukkan kembali ke lemari es hingga isi mengeras. 

4. Tuang dengan sisa milk cooking chocolate, dinginkan dalam lemari es. Keluarkan cokelat dari cetakan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Cokelat Praline Kurma, Kemas Cantik untuk Bingkisan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/01/080300375/resep-cokelat-praline-kurma-kemas-cantik-untuk-bingkisan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm