Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Pemerintah Akan Mengeluarkan 2 Jenis Subsidi buat Motor Listrik

2 Februari 2023 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah kabarnya bakal meluncurkan subsidi buat sepeda motor listrik. Aturan tentang insentif ini sedang digodok dan siap diumumkan dalam waktu dekat.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, mengatakan, pemerintah menyiapkan dua model insentif.

"Pemerintah akan mengeluarkan dua insentif program konversi, satu adalah program insentif untuk motor listrik baru dan yang kedua program insentif untuk konversi dari motor berbahan bakar bensin ke motor listrik,” ujar Dadan, dalam keterangan resmi (1/2/2023).

“Kementerian ESDM menjadi PIC yang kedua untuk program (insentif) konversi itu," kata dia.

Lebih lanjut Dadan mengungkapkan, saat ini konversi sepeda motor berbahan bakar bensin ke motor listrik masif dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Kementerian ESDM telah melakukan konversi motor BBM menjadi motor listrik hingga mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan sejumlah 143 unit," ucap Dadan.

Selain itu, Kementerian ESDM turut memberikan pelatihan teknis konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.

Seperti yang dilakukan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) kepada 49 bengkel.

Dadan menambahkan, bengkel-bengkel ini tersebar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta (dalam 2 gelombang).

Sementara itu, Kementerian ESDM saat ini tengah menginventarisasi bengkel-bengkal yang memiliki sertifikat untuk konversi dan merencanakannya untuk melakukan pelatihan-pelatihan agar nanti bengkel konversinya menjadi lebih banyak.

"Arahan dari rakor kemarin dilakukan di 10 kota besar di Indonesia. Jadi kita akan lakukan hal ini untuk mempercepat program konversi," kata Dadan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siap Rilis 2 Jenis Subsidi buat Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/02/130100815/pemerintah-siap-rilis-2-jenis-subsidi-buat-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm