Pembersihan busi(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Pembersihan busi(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Membersihkan Busi Sendiri, Jangan Menggunakan Cairan Asal Jadi

6 Februari 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Untuk menjaga performa mesin kendaraan, perlu dilakukan perawatan. Salah satunya adalah membersihkan bagian busi.

Komponen yang satu ini gampang kotor karena letaknya yang berada di ruang bakar mesin. Sehingga, harus dibersihkan secara berkala agar performa mesin tetap terjaga.

Dengan kepala elektroda busi yang kembali bersih, kerja busi dalam memercikkan api di ruang bakar bisa kembali optimal. Untuk membersihkannya, tidak bisa menggunakan sembarang cairan.

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, mengatakan, gunakan cairan pembersih yang tidak mengandung metal, seperti semprotan pelumas WD-40.

"Kalau NGK menyarankan pakai semprotan pembersih rem. Cairan itu aman untuk busi," ujar Diko, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Diko menambahkan, membersihkan busi menggunakan bensin juga tidak disarankan. Sebab, pada beberapa kasus malah membuat busi menjadi tidak berfungsi.

Selain itu, Diko menyarankan, jangan juga dibersihkan dengan cara diamplas atau disikat menggunakan sikat kawat. Tindakan tersebut salah kaprah, karena berpotensi merusak elektroda busi.

"Cukup pakai kain bersih atau kalau mau bisa menggunakan sikat yang benar-benar halus," kata Diko.

Diko mengatakan, kalau elektroda busi sampai rusak, dampaknya bisa menyebabkan terjadinya miss firing alias percikan api berubah tidak fokus lagi dan membuat pembakaran jadi tidak sempurna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Membersihkan Busi Sendiri, Jangan Pakai Cairan Asal Jadi ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/06/112200515/membersihkan-busi-sendiri-jangan-pakai-cairan-asal-jadi-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm