Ilustrasi Android 14
Ilustrasi Android 14 ( KOMPAS.com)

Fitur Android 14 dan Daftar HP yang Pertama Yang Kebagian

8 Februari 2023 11:01 WIB

SonoraBangka.ID - Setiap tahun, Google biasanya memperkenalkan sistem operasi smartphone terbarunya. Jika dilihat dari urutan, tahun 2023 ini Google akan memprekenalkan Android 14. 

OS Android terbaru dari Google, biasanya diperkenalkan dalam ajang Google I/O yang digelar sekitar akhir kuartal-I atau pada kuartal-II setiap tahun.

Meski belum diperkenalkan secara resmi, sejumlah bocoran mengenai fitur Android 14 sudah beredar di dunia maya.

Sejumlah kabar meyakini bahwa Android 14 bakal mulai diuji coba dalam waktu dekat.

Pertama, Android 14 konon akan digelontorkan kepada pengembang (developers) dalam versi Developer Preview. Kemungkinan besar uji coba ini bakal digelontorkan ke Google Pixel pada Februari 2023 ini.

Kedua, sistem operasi tersebut konon bakal dirilis dalam versi beta pada Mei mendatang.

Hal ini mengacu pada kebiasaan Google yang kerap menggelar acara tahunan Google I/O pada bulan Mei setiap tahun, sebagaimana dirangkum dari Giz China, Selasa (7/2/2023).

Sementara untuk versi final Android 14 diperkirakan akan dirilis secara resmi pada Agustus hingga September 2023 mendatang. Sebelumnya, Android 13 juga digulirkan Google di bulan Agustus pada 2022 lalu.

Rumor mengenai OS Android 14 sudah mulai tercium sejak 2022 lalu. Pasalnya, sistem operasi terbaru ini dinamai “Upside Down Cake”. Kode nama tersebut muncul di dalam dokumen yang merangkum seluruh kode nama Android yang sudah dirilis hingga saat ini.

Belum diketahui apakah nama tersebut sesuatu atau tidak. Namun, awalan nama kue tersebut adalah huruf “U”, yang mana melanjutkan huruf “T” dari kode nama Tiramisu untuk Android 13.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm