Evaportaor AC mampet karena kotoran(Fendi/MF Auto Cool)
Evaportaor AC mampet karena kotoran(Fendi/MF Auto Cool) ( KOMPAS.COM)

Evaporator pada AC Mobil Tersumbat Bisa Servis atau Harus Ganti?

14 Februari 2023 20:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Evaporator adalah komponen yang ada di sistem AC mobil. Tugasnya menjadi tempat perubahan freon cair menjadi gas, sehingga dingin yang dihasilkan evaporator akan dimanfaatkan untuk mendinginkan udara yang berputar di dalam kabin.

Seiring pemakaian, evaporator yang dilalui udara ini akan mengalami kotor dan terjadi penyumbatan. Akhirnya, kinerja AC mobil menjadi tidak optimal, embusan udara menjadi kecil dan kurang dingin.

Apakah evaporator yang tersumbat ini bisa dibersihkan atau harus diganti?

Pemilik Sriyatin Car Agus Setiawan mengatakan evaporator yang tersumbat memang bisa saja dibersihkan, tapi ada risikonya.

“Evaporator yang tersumbat, umumnya mengalami korosi karena kotoran yang menggumpal, ketika AC mobil mati evaporator akan kering dan basah lagi ketika AC dinyalakan, sehingga rawan sekali terjadi korosi” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (13/2/2023).

Dia mengatakan kotoran yang ada di evaporator bisa saja dibersihkan, namun yang ditakutkan setelah dibersihkan malah evaporator mengalami rembes.

“Berkat korosi yang terjadi, evaporator akan mudah rembes yang mengakibatkan rusak, freon menjadi cepat habis dan menyebabkan AC mobil tidak dingin,” ucap Agus.

Menyikapi hal tersebut, Agus sering menginformasikan ke pelanggan bahwa evaporator bisa dibersihkan tapi ada risikonya.

“Risikonya evaporator jadi rembes, itu diinformasikan di awal agar tidak terjadi salah paham, karena beberapa kali setelah pembersihan evaporator menyebabkan rembes di bagian kisi-kisinya,” ucap Agus.

Jadi, evaporator yang tersumbat tidak mutlak bisa diservis, melainkan ada kemungkinan yang menyebabkan rembes sehingga komponen tersebut harus diganti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Evaporator AC Mobil Tersumbat Bisa Servis atau Harus Ganti?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/14/104200115/evaporator-ac-mobil-tersumbat-bisa-servis-atau-harus-ganti-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm