Dokter Estetika, dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS
Dokter Estetika, dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS ( Instagram @abelina_md)

Menurut Dokter Estetika, dr. Abelina Terkait Childfree Bikin Awet Muda

20 Februari 2023 11:03 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini ramai berita mengenai childfree yang membuat seseorang terlihat awet muda daripada mereka yang memiliki anak.

Pernyataan itu bermula dari selebgram Gita Savitri yang mengatakan tips awet muda ala dirinya karena ia memilih childfree.

Hal yang diungkapkan Gita Savitri pun langsung menjadi pro-kontra banyak pihak.

Menanggapi hal itu, Dokter Estetika, dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS akhirnya angkat bicara.

Menurut dr. Abelina, memang hamil dan melahirkan mempercepat penuaan dalam level seluler.

Bahkan ungkapan tersebut sudah terbukti secara penelitian.

“Hamil dan melahirkan membuat jadi cepat tua, sudah terbukti secara penelitian. Hamil mempercepat penuaan dalam level seluler, hamil memperpendek telomere yang melindungi DNA. Intinya penuaan salah satunya karena telomere memendek dan hamil membuat telomere memendek,” kata dr. Abelina di Instagramnya saat melakukan sesi tanya jawab.

Selain itu, menurut dr. Abelina, beberapa faktor hormonal juga bisa membuat seorang ibu akan mengalami perubahan pasca hamil dan melahirkan.

“Belum lagi faktor hormonal membuat kulit jadi tipis dan lain-lain, weight gain diikuti weight loss, 'stress' yang diterima tubuh. Ibaratnya ya memang turun mesin setelah menghasilkan sesuatu yang laki-laki tidak bisa: seorang manusia,” paparnya kembali.

Namun, meski penelitian menyatakan seperti itu, menurut dr. Abelina menjadi seorang ibu dan memiliki anak tentulah banyak pengorbanannya.

Bahkan kesenangan seorang ibu akan hadirnya sang anak justru bisa juga membuat ibu menjadi awet muda karena faktor kebahagiaan.

“Ibu mengorbankan banyak hal saat hamil. Benar-benar ibarat membelah diri untuk memberikan hidup ke anaknya. Pas lahiran, sang Ibu mempertaruhkan hidupnya.

Memang semua hal ada pengorbanannya. Kalau mau punya anak ya harus berkorban. Toh bagi ibu yang mau punya anak, hadiah yang didapatkan lebih besar dari sekedar lebih cepat tua.

Terus kalau tiap hari kena siram dopamine dari bahagia punya anak, toh bikin jadi awet muda,” ungkapnya kembali.

Bahkan menurutnya, seorang yang memilih childfree juga bisa menjadi terlihat cepat tua ketika orang tersebut mengalami tekanan berlebih.

“Jadi childfree juga ada pengorbanannya. Salah satu yang berasa sih ya, dinyinyirin orang kalo di negara ini. Kalo didengerin, orang childfree juga cepet tua karena stress sama omongan netijen,” katanya.

Lebih lanjut, banyak faktor yang menyebabkan seseorang terlihat cepat tua. 

“Cepat tua lagian faktornya banyak. Stress iya bikin cepet tua tapi kan stress bukan dari hamil dan ngurus anak doang.

Ngerokok? Lebih parah ngerokok dan vape ya bikin tua dibanding hamil dan punya anak. Diet extreme? Bikin cepet tua juga,” imbuhnya.  

Untuk itu, miliki gata hidup yang sehat serta perawatan maksimal, tentu bisa membuat seseorang tetap terlihat awet muda. 

“Ya memang faktor terbesar aging itu nampaknya lifestyle, kalaj mau frontal lagi, uang.

Memang, zaman sekarang teknologi canggih, asal ada dana dan ilmunya, mau anak 10 bisa kok kayak nggak pernah punya anak,” tandasnya. 

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053698955/benarkah-childfree-bikin-awet-muda-ini-penjelasan-menurut-dokter-estetika-dr-abelina

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm