Pesawat Lion Air berbadan lebar (wide body) Airbus 330-900NEO yang melayani umrah Padang-Arab Saudi
Pesawat Lion Air berbadan lebar (wide body) Airbus 330-900NEO yang melayani umrah Padang-Arab Saudi ( KOMPAS.com)

Syarat dan Tarif Bawa Hewan Peliharaan di Pesawat Lion Air

23 Februari 2023 17:08 WIB

SonoraBangka.ID - Calon penumpang pesawat kini tak perlu khawatir meninggalkan hewan peliharaan di rumah saat ingin bepergian dengan pesawat.

Maskapai penerbangan di Indonesia juga menyediakan layanan untuk calon penumpang yang ingin membawa hewan peliharaannya ke dalam pesawat.

Salah satu maskapai penerbangan yang menyediakan layanan untuk hewan peliharaan ini adalah Lion Air.

Berikut ini ketentuan membawa hewan peliharaan menggunakan Maskapai Lion Air Group:

  • Hanya khusus penerbangan Lion Air rute domestik.
  • Hewan peliharaan dalam kondisi sehat, bersih dan tidak hamil.
  • Ditempatkan di dalam kandang anti bocor dan dilengkapi dengan kunci.
  • Menyertakan surat karantina asli yang menyatakan hewan peliharaan bebas dari penyakit dan bukan termasuk dalam hewan yang dilindungi.
  • Masa berlaku Surat karantina 1 hari dari diterbitkannya surat.
  • Berat hewan dan kandang termasuk dalam bagasi berlebih yang dihitung per kilogram dengan minimal perhitungan 5 kilogram, selebihnya sesuai dengan berat aktual (berat meliputi kandang).
  • Berat hewan dan kandang tidak termasuk dalam Bagasi cuma-cuma (Free Baggage Allowance) dan bagasi prabayar (prepaid baggage).

Lantas, berapa tarif yang dibutuhkan untuk membawa hewan peliharaan? Berikut perhitungan Lion Air:

  • Berat hewan dan kandang termasuk dalam bagasi berlebih yang dihitung per kilogram dengan minimal perhitungan 5 kilogram
  1. Contoh berat hewan dan kandang 3 kilogram kurang dari berat minimum, maka tarif yang dikenakan pelanggan tetap 5 kilogram berat minimum.
  • Berat hewan dan kandang lebih dari berat minimum 5 kilogram akan dihitungkan sesuai dengan berat hewan dan kandang secara aktual.
  1. Contoh berat hewan dan kandang 8 kilogram lebih dari berat minimum, maka tarif yang dikenakan pelanggan setia tetap 8 kilogram sesuai dengan berat aktual.
  2. Berat hewan dan kandang tidak termasuk dalam Bagasi cuma-cuma (Free Baggage Allowance) dan tidak termasuk dalam Bagasi berbayar (Prepaid Baggage).
  • Tarif Kelebihan Bagasi dapat dilihat melalui link https://www.lionair.co.id/docs/default-source/default-document-library/price-list-jt---25oct21.pdf?sfvrsn=7f4266eb_2 pada kolom EBT (Excess Baggage Tarif).


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Syarat dan Tarif Bawa Hewan Peliharaan di Pesawat Lion Air", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/02/23/141000526/syarat-dan-tarif-bawa-hewan-peliharaan-di-pesawat-lion-air.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm