Ilustrasi pempek adaan, adonan dasar diberi santan.
Ilustrasi pempek adaan, adonan dasar diberi santan. ( SHUTTERSTOCK/NOVI PURWONO)

Bukan Hanya Bentuk, Berikut Ini 3 Perbedaan Pempek Lenjer Dan Adaan

9 Maret 2023 09:16 WIB

SonoraBnagka.id - Jenis pempek bukan cuma satu. Kamu bisa menemukan pempek dengan bentuk dan isian berbeda. Dua jenis pempek yang paling sering ditemui adalah pempek lenjer dan adaan. Jika dimakan sekilas, keduanya terasa serupa. Namun, jangan salah. Pempek lenjer dan adaan memiliki tiga perbedaan yang wajib kamu tahu, seperti disampaikan Kleta Paskalia Lupitasari, pemilik Pempek Ny. Kleta, berikut ini.

1. Bentuk pempek

Cara paling mudah membedakan pempek lenjer dan adaan adalah melihat bentuknya. Kedua jenis pempek ini memiliki tampilan pempek berbeda. Pempek lenjer berbentuk bulat memanjang, sedangkan pempek adaan memiliki bentuk bulat sempurna. 

2. Bahan adonan pempek

Adonan pempek lenjer dan adaan berbeda. Pempek lenjer terbuat dari campuran tepung, daging ikan, dan bumbu. "Kalau pempek adaan ada tambahan bawang di dalamnya. Jadi berbeda dengan lenjer," ujar Kleta saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/3/2023).

3. Cara masak pempek

Cara memasak pempek lenjer mirip dengan beberapa pempek lainnya, seperti pempek kapal selam dan pempek keriting. Setelah dibentuk, pempek lenjer langsung direbus untuk mematangkan adonannya sebelum digoreng. "Penpek adaan itu kayak pempek krispi dan pempek kulit, langsjng digoreng setelah dibentuk," ujar Kleta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Pempek Lenjer dan Adaan, Bukan Hanya Bentuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/08/140400775/3-beda-pempek-lenjer-dan-adaan-bukan-hanya-bentuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm