Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang ketika mengarahkan sejumlah kendaraan untuk tidak melintasi jalan yang terdampak banjir, Kamis (9/3/2023).
Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang ketika mengarahkan sejumlah kendaraan untuk tidak melintasi jalan yang terdampak banjir, Kamis (9/3/2023). ( Ist BPBD Pangkalpinang )

Sejumlah Wilayah di Pangkalpinang Banjir, 25 Rumah Alami Rusak Ringan!

10 Maret 2023 08:48 WIB

SonoraBangka.id - Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung dilanda hujan deras sehingga menyebabkan banjir di sejumlah lokasi, Kamis (9/3/2023) siang.

Puluhan rumah mengalami rusak ringan.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Renal Winanta mengungkapkan banjir yang terjadi di sejumlah titik tersebut terjadi usai beberapa dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Kemudian diperparah dengan kondisi selokan yang tersumbat. Sehingga air tidak bisa mengalir ke sungai dan meluap ke pemukiman warga.

“Penyebab banjir ini karena curah hujan tinggi dan selokan tersumbat,” kata dia kepada Bangkapos.com, Kamis (9/3/2023) sore.

Renal memaparkan, ada lima lokasi yang mengalami banjir pada siang tadi. Beberapa wilayah itu yakni Jalan Jumat Yahya, Kelurahan Bukit Sari, Jalan Theresia, Kelurahan Bintang, Kelurahan Keramat. Lalu, Jalan Balai, serta Jalan Abdurahman Sidiq Kelurahan Gedung Nasional.

Di lima tempat tersebut ketinggian air berbeda-beda, mulai dari 10 – 50 sentimeter. Dengan panjang jalan dan permukiman yang terendam sepanjang 50 meter. Imbasnya sebanyak 25 rumah mengalami rusak ringan akibat terendam air selama beberapa jam.

“Kurang lebih 25 rumah rusak ringan di Kelurahan Keramat. Tepatnya di RT 07,” jelas Renal.

Di sisi lain, terkait kejadian banjir di beberapa titik di Kota Pangkalpinang pihaknya telah melakukan berbagai langkah. Mulai dari menerjunkan anggota BPBD untuk melakukan pendataan terhadap jumlah ruas jalan, rumah dan fasilitas umum lainnya.

Tak hanya itu, anggota Satuan Reaksi Cepat (SRC) BPBD Kota Pangkalpinang membantu pembersihan di rumah masyarakat yang terdampak. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm