Ilustrasi bandeng presto.
Ilustrasi bandeng presto. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Arief Akbar)

Simak Sebelum Berjualan, Berikut 8 Tips penting Masak Bandeng Presto

13 Maret 2023 20:39 WIB

SonoraBangka.id - Bandeng presto, olahan ikan bandeng yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Kamu bisa membelinya di toko swalayan, pasar, supermarket, atau membuatnya sendiri di rumah. Sebaiknya, ketahui cara masak bandeng presto anti gagal agar hasil masakan tetap enak dan dapat disimpan tahan lama.  Simak delapan tips yang harus diperhatikan saat mengolah bandeng presto berikut ini, dikutip dari buku “Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto” (2007) karya Neni Suhaenih. 

1. Kelompokkan bandeng sesuai ukuran

Sebaiknya sebelum dimasak, ikan bandeng dibedakan berdasarkan ukurannya.  Hal tersebut dilakukan karena dapat mempengaruhi durasi memasak ikan. Ikan yang berukuran kecil akan lebih cepat matang daripada yang berukuran besar. Ikan dibedakan supaya dalam sekali masak, ikan bisa langsung matang merata. Namun, jika terpaksa harus memasak ikan dengan berbagai ukuran, bisa diakali dengan meletakkan ikan bandeng ukuran besar di bagian bawah panci presto.  Lalu, ikan bandeng ukuran kecil diletakkan di bagian atas, sehingga, panas bisa mengenai seluruh ikan secara merata.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Kamu juga harus mempersiapkan beberapa peralatan untuk memasak bandeng presto. Alat paling utama adalah panci presto. Peralatan selanjutnya adalah pisau, talenan, blender, wajan penggorengan, baskom, dan kompor.

3. Bersihkan bandeng dengan baik

Hal paling pertama yang harus dilakukan sebelum mulai membuat bandeng presto adalah membersihkan ikan bandeng terlebih dahulu. Cuci bersih dengan air dan buang bagian insang serta isi perut ikan. 

4. Rendam bandeng dengan air garam

Setelah selesai dicuci bersih dan dibuang bagian kotorannya, rendam bandeng dengan air garam selama kurang lebih 20 menit. Hal tersebut dilakukan supaya sisa darah, lendir, dan kotoran lain pada ikan bisa terangkat semua.

5. Bandeng harus dibungkus rapi 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm