Ustaz Adi Hidayat (UAH).
Ustaz Adi Hidayat (UAH). ( Kompas.com)

Ustadz Adi Hidayat: Cara Bayar Utang Puasa yang Tak Tahu Jumlahnya

14 Maret 2023 09:23 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin, kita banyak melewatkan atau tak ber puasa Ramadhan di masa lalu, nah ada cara untuk membayarnya yaitu dengan cara qadha.

Puasa qadha Ramadhan merupakan puasa pengganti atau untuk membayar h utang puasa yang dikerjakan oleh seseorang yang penah meninggalkan puasa di bulan Ramadhan.

Puasa qadha hukumnya wajib bagi seluruh umat muslim yang telah baligh.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan setiap orang boleh meniatkan untuk qadha puasa masa lalu saat masa senggang.

"Kata para ulama, dia boleh kemudian meniatkan qadha yang lampau di masa-masa senggangnya, ya kalau anda merasa tak terhitung silahkan, anda punya waktu luang puas, puasa. niatkan qadha," katanya.

Disebutkan Ustadz Adi Hidayat waktu senggang yang dapat dilakukan qadha puasa bisa di hari Senin atau Kamis saat orang puasa sunnah.

"Orang lain puasa senin misalnya sunnah anda niatkan qadha, orang lain misalnya puasa kamis sunnah anda niatkan qadha," ujatnya.

Seseorang yang merasa tak terhitung h utang pusanya di masa lalu kata Ustadz Adi Hidayat sebaiknya tak dihitung, hal ini supaya puasa yang dilakukan terasa ringan.

"Anda gak usah hitung, yang penting begitu masuk ke waktu-waktu sunnah kata ulama supaya ringan, niatkan qadha, niatkan qadha, niatkan qadha. maka Allah tidak melihat berapa banyak anda tunaikan Allah melihat kesungguhan yang kita lakukan di situ," kata Ustadz Adi Hidayat

Bacaan Niat Puasa Qadha Untuk Bayar Utang Puasa Ramadan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm