Ilustrasi kulit jeruk, mengupas jeruk.
Ilustrasi kulit jeruk, mengupas jeruk. ( PIXABAY/CONGERDESIGN)

Jangan Buang Kulit Jeruk, Berikut 3 Tips Membuat Permen Kulit Jeruk

19 Maret 2023 14:38 WIB

SonoraBangka.id - Kamu harus tahu bahwa kulit jeruk ternyata bisa diolah menjadi camilan enak, yaitu permen. Banyak orang yang setelah mengupas jeruk, kulit jeruknya langsung dibuang karena tidak bisa dimakan. Kulit jeruk tidak bisa langsung dimakan begitu saja karena rasanya pahit, sehingga harus diolah terlebih dahulu. Salah satu cara untuk mengolah kulit jeruk adalah menjadikannya permen. Cara mengolah permen jeruk pun mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelum mulai mengolah kulit jeruk menjadi permen, kamu harus perhatikan beberapa hal supaya rasanya tidak pahit. Chef Beno selaku Corporate Executive Pastry Chef Dailybox Group membagikan tiga tips membuat permen kulit jeruk supaya rasanya tidak pahit.

1. Buang bagian putih kulit jeruk

Chef Beno menyampaikan bahwa sebelum mengolah kulit jeruk, pastikan kamu sudah membuang bagian yang berwarna putih pada kulit jeruk. “Buang dulu bagian putih di kulit jeruk, karena itu bagian yang pahit,” ujar Chef Beno saat ditemui oleh Kompas.com, Selasa (14/03/2023).

2. Potong kulit jeruk sesuai selera

Setelah dibuang bagian putihnya, potong kulit jeruk sesuai selera. Bisa berbentuk kotak atau memanjang seperti korek api. 

3. Rebus kulit jeruk sebanyak empat kali

Chef Beno mengatakan bahwa proses ini yang paling penting karena bisa menghilangkan rasa pahit dari kulit jeruk. Kulit jeruk harus melalui proses rebusan sebanyak tiga kali. Kemudian, pada rebusan keempat, baru kamu bisa tambahkan gula. “Rebus kulit jeruk di air mendidih. Sekali rebus langsung saring dan ganti airnya. Lakukan sebanyak tiga kali,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Buang Kulit Jeruk, Ikuti 3 Tips Membuat Permen Kulit Jeruk Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/19/110400975/jangan-buang-kulit-jeruk-ikuti-3-tips-membuat-permen-kulit-jeruk-ini?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm