Ilustrasi berbagai macam jenis kue kering.
Ilustrasi berbagai macam jenis kue kering. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Kristina Ismulyani)

Takaran Terigu Salah, Berikut 5 Penyebab Kue Kering Keras Dan Gagal

27 Maret 2023 21:37 WIB

SonoraBangka.id - Menjelang Lebaran, banyak orang yang mulai menyiapkan aneka suguhan terutama kue kering. Cara membuat kue kering tidak sulit, bahannya pun banyak yang sederhana. Namun, ada banyak penyebab yang perlu kamu ketahui agar hasilnya tidak gagal. Salah satunya adalah kue kering yang hasilnya keras dan gagal renyah. Dilansir dari berbagai sumber, simak penyebab dan cara mengatasinya. 

1. Takaran tepung terlalu banyak

Dilansir dari buku "21 Resep Kue Kering Lezat, Kreatif, dan Inspiratif" (2020) oleh Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, salah satu penyebab utama kue kering keras adalah takaran tepung yang terlalu banyak. Setiap resep kue kering terkadang memiliki takaran tepung yang berbeda-beda. Jadi, kamu perlu menyesuaikannya kembali. Jika adonan kue kering buatanmu terasa lembek, sebaiknya hinda

2. Kurang margarin atau mentega

Kue kering keras dan gagal renyah juga bisa dikarenakan penggunaan margarin atau mentega yang kurang. Namun, pastikan untuk menggunakan takaran kedua bahan tersebut dengan benar. Pasalnya, jika terlalu banyak menggunakan mentega atau margarin bisa membuat tekstur kue menjadi mudah hancur.

3. Penggunaan putih telur terlalu banyak

Hindari menggunakan putih telur dalam jumlah berlebihan karena bisa membuat tekstur kue cenderung keras.

4. Adonan terlalu lama dipanggang

Proses panggang adonan kue kering yang terlalu lama juga bisa menyebabkan tekstur kue menjadi keras. Umumnya, durasi memanggang kue kering sekitar 35-60 menit. Tergantung dari jenis oven yang digunakan.

5. Adonan kue kering melebar

Ditambahkan dari majalah Sedap / ED 06 2015 terbitan Gramedia, jika adonan kue kering melebar saat dioven, sebaiknya tak perlu menambahkan tepung. Lakukan penyemprotan atau penyendokkan adonan, kemudian biarkan adonan di atas loyang selama 30-60 menit. Setelah itu, masukkan kembali adonan kue ke dalam oven.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Penyebab Kue Kering Keras dan Gagal Renyah, Takaran Terigu Salah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/27/131700475/5-penyebab-kue-kering-keras-dan-gagal-renyah-takaran-terigu-salah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm