Kaldu tulang adalah sumber asam amino anti-inflamasi yang baik. Tak hanya dapat menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga bisa memberikan kita kenyamanan dan kehangatan.
Kaldu tulang adalah sumber asam amino anti-inflamasi yang baik. Tak hanya dapat menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga bisa memberikan kita kenyamanan dan kehangatan. ( Pexels/ Bluebird Provisions )

Berikut Ini Cara Membuat 3 Jenis Kaldu Untuk Hidangan Berkuah

2 April 2023 20:03 WIB

SonoraBangka.id - Sop salah satu jenis hidangan berkuah, umumnya menggunakan kaldu sebagai bahan utama. Kaldu didapat dari rebusan bahan seperti ikan, sayuran, maupun ayam, selama beberapa jam agar benar-benar keluar sarinya. Membuat kaldu cukup mudah dengan bahan sederhana, kamu bisa mencobanya di rumah untuk sajian sop yang nikmat. Simak cara membuat tiga jenis kaldu ikan, ayam, dan sayuran, dikutip dari majalah "SajianKu VOL 13/I/2014 Serba-Serbi Mengenal Tofu Lebih Dekat, Agar Sup Lebih Gurih & Lezat" (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

1. Kaldu ikan

Berbagai jenis ikan dapat dipergunakan tetapi sebaiknya gunakan ikan yang mempunyai tulang besar. Contohnya tenggiri atau kakap, perbandingannya satu liter air dengan 300 gram ikan dan proses perebusan selama 1/4 jam sampai satu jam.

2. Kaldu ayam

Perbandingan dalam membuat kaldu ayam adalah dua liter air dengan satu ekor ayam dan lama perebusan selama tiga jam.

3. Kaldu sayuran

Sayuran yang dapat digunakan untuk kaldu adalah wortel, bawang bombai, seledri, bawang prei, lobak, kol, dan tomat. Sebaiknya potong sayuran secara kasar dengan lama perebusan selama satu jam.  Majalah "SajianKu VOL 13/I/2014 Serba-Serbi Mengenal Tofu Lebih Dekat, Agar Sup Lebih Gurih & Lezat" (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat 3 Jenis Kaldu Ikan, Ayam, dan Sayuran untuk Kuah Sup", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/31/080300875/cara-membuat-3-jenis-kaldu-ikan-ayam-dan-sayuran-untuk-kuah-sup.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm