Al Qur'an
Al Qur'an ( sumber gambar: Tribun Kaltim)

Ibadah ini Dilakukan Rasulullah SAW di Malam Nuzulul Quran 17 Ramadhan

3 April 2023 10:42 WIB

SonoraBangka.idRamadan merupakan bulan yang memiliki ribuan keistimewaan dan kemuliaan, salah satunya adanya peristiwa Nuzulul Qur'an.

Nuzulul Quran adalah malam turunnya Al Quran ke bumi untuk pertama kalinya.

Peristiwa ini terjadi pada malam ke-17 di bulan Ramadan.

Al Quran diturunkan dari Lahuhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah di langit dunia.

Kemudian, Al Quran diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW.

Surat dari Al Quran yang pertama kali turun ke bumi adaah surat Al Alaq 1-5.

Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr 1-5).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm