Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022.
Antrean kendaraan menuju arah Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pada H+3 Lebaran 2022, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H+5 atau 8 Mei 2022. ( ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR)

Apa Boleh, Ini Penjelasan Ulama Soal Tidak Berpuasa Ramadan saat Mudik

5 April 2023 20:07 WIB

SonoraBangka.id - Memang, di Indonesia mudik lebaran sudah menjadi tradisi.

Buya Yahya menjelaskan perihal tidak berpuasa saat mudik lebaran.

Namun, perjalanan yang panjang membuat sebagian umat muslim tidak melaksanakan ibadah puasa ramadan.

Bolehkan tidak berpuasa ramadan saat mudik lebaran?

Begini penjelasan Buya Yahya mengenai pertanyaan tersebut.

Dalam laman resminya buyayahya.org, Senin, (3/4/2023), menurutnya ada sebab orang boleh meninggalkan puasa.

Adapun orang yang boleh meninggalkan ibadah puasa termasuk: 

1. Orang yang akan menuju suatu tempat dari tempat tinggalnya tidak kurang dari 84 km.

2. Di (saat subuh) hari yang ia ingin tidak ber puasa ia harus sudah berada di perjalanan dan keluar dari wilayah tempat tinggalnya (minimal batas kecamatan).

Buya menatakan bahwa seorang dalam bepergian akan dihukumi mukmin atau bukan musafir jika ia niat tinggal di suatu tempat lebih dari 4 hari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm