Aki mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Aki mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Cek Ini jika Aki Masih Baru namun Sudah Tekor

5 April 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki atau baterai menjadi salah satu komponen utama pada mobil. Kondisinya yang sudah tidak prima bisa menyebabkan mogok atau susah dihidupkan.

Tekornya aki menjadi hal wajar kalau usia pakainya sudah lebih dari dua tahun karena, berdasarkan informasi pabrikan, usia aki diperkirakan sekitar 18 bulan atau setahun setengah saja.

Tentu, perkiraan tersebut tidak selalu benar karena keawetan aki tergantung perawatan dan penggunaan yang dilakukan. Sehingga, bisa saja aki sudah tekor sebelum waktunya.

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan, aki yang baru diganti juga bisa saja mengalami tekor. Kalaupun tidak baru, misal usia aki belum genap satu tahun, itu juga termasuk.

“Terkadang tekornya aki bukan karena komponennya yang sudah rusak atau soak, tapi ada kesalahan pada suplai arus listrik sehingga daya listrik dalam aki berkurang,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Dia mengatakan perbedaan antara aki tekor dan soak. Jika tekor itu cuma gejala yang dirasakan karena aki tidak mampu menghidupkan mesin, sedangkan aki soak adalah kondisi aki yang sudah rusak atau tidak mampu menyimpan arus listrik.

“Kalau sudah soak harus diganti karena mau diapakan saja aki memang sudah tidak mampu menyimpan arus listrik, tapi kalau aki masih baru tapi sempat tekor bisa dicoba dicas dulu dan diperiksa penyebab tekornya,” ucap Iqbal.

Menurut Iqbal, aki baru yang tekor bisa disebabkan oleh performa dinamo ampere yang kurang optimal atau sudah tidak berfungsi sama sekali.

“Periksa saja tegangan pengisian ketika mesin hidup, standarnya sekitar 13 atau 14 volt, jika kurang bisa saja dinamo ampere bermasalah, selain dinamo ampere bisa juga karena terminalnya yang kendur,” ucap Iqbal.

Dia mengatakan, terminal yang tidak terikat dengan baik akan membuat arus listrik yang mengalir terhambat. Jadi, suplai pengisian berkurang dan saat digunakan arus yang digunakan untuk memutar motor starter juga kurang.

“Bisa banget aki baru kok tekor karena kendurnya ikatan terminal, periksa bagian yang mudah ini terlebih dulu sebelum ganti aki, ada terminal positif dan negatif pastikan mereka tidak bergerak saat digoyang menggunakan tangan,” ucap Iqbal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Ini jika Aki Masih Baru tapi Sudah Tekor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/05/114200115/cek-ini-jika-aki-masih-baru-tapi-sudah-tekor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm