Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.(Febri Ardani)
Kampas rem asli dan imitasi bisa dibedakan dari materialnya. Pada barang palsu lebih berkilau karena banyak menggunakan bahan metal sedangkan yang asli lebih kasar.(Febri Ardani) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Indikator Kampas Rem Mobil Sudah Tipis

5 April 2023 21:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perlu banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum mudik menggunakan mobil pribadi. Tujuannya supaya kondisi kendaraan tetap dalam keadaan prima.

Beberapa bengkel juga menyarankan penggantian komponen agar selama perjalanan mobil dalam kondisi prima. Termasuk sistem pengereman, dan komponen yang paling sering disarankan diganti adalah kampas rem.

Kampas menjadi komponen yang penting karena sebagai penghambat laju kendaraan. Selain itu, kampas rem juga bisa habis seiring pemakaian. Jadi, wajar saja kalau bengkel menyarankan komponen ini diganti sebelum perjalanan.

Pemilik INF Auto Service Depok Fendi Pamungkas mengatakan kampas rem yang tipis belum menyentuh limitnya, masih bisa digunakan namun konsekuensinya pengemudi harus bisa merasakan gejala bila kampas rem sudah tipis.

“Ketika kampas rem ini tipis menyentuh limitnya sekitar 2 mm, maka kampas rem wajib diganti, tapi bila sudah tipis tapi belum menyentuh limit kan sayang bila diganti, bisa dipakai lagi tapi pengemudi perlu memahami tandanya kalau sudah tipis,” ucap Fendi kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Dia mengatakan perjalanan mudik yang sekiranya akan menempuh jarak yang panjang, sangat berpotensi kampas rem lebih cepat tipis, apalagi bila kondisi jalan macet atau perlu menggunakan rem lebih sering.

“Ketika kampas rem tipis, pengemudi akan merasakan ada bunyi decit nyaring seperti besi ketemu besi, baik saat pedal rem diinjak atau tidak, itu karena di kampas rem ada kawat indikator batas limit yang menyentuh permukaan piringan rem,” ucap Fendi.

Selain itu, Fendi juga mengatakan indikator limit kampas rem hanya terpasang di sebelah sisi saja, sedangkan sisi satunya tidak ada sehingga perlu diperhatikan.

“Jika yang lebih cepat tipis adalah kampas yang tidak dilengkapi indikator, maka suara yang ditimbulkan akan lebih ekstrem, bahkan di pedal rem terasa getar karena permukaan piringan akan bertemu dengan besi yang ada di dasar kampas,” ucap Fendi.

Maka dari itu, Fendi mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pemeriksaan rem sebelum perjalanan mudik walau ada metode untuk mengetahui apakah kampas rem tipis atau belum hanya dengan mendengarkan bunyinya.

“Kampas rem yang tipis juga menyebabkan daya pengereman kurang optimal, itu bisa membahayakan pengendara apalagi saat kecepatan tinggi, saat pedal rem diinjak mobil seakan-akan tidak melambat,” ucap Fendi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Tanda Kampas Rem Mobil Sudah Tipis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/05/120200415/ketahui-tanda-kampas-rem-mobil-sudah-tipis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm