Aktivitas pedagang bumbu dapur di Pasar Induk Pangkalpinang, Jumat (7/4/2023).
Aktivitas pedagang bumbu dapur di Pasar Induk Pangkalpinang, Jumat (7/4/2023). ( )

Belum Ada Lonjakan Signifikan, Harga Bumbu Dapur Diprediksi Bakal Naik H-7 Idul Fitri

7 April 2023 16:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Harga kebutuhan bumbu dapur di Kota Pangkalpinang saat ini terpantau masih stabil dan belum ada lonjakan signifikan jelang lebaran Idul Fitri 1444 H.

Pantauan Bangkapos.com di Pasar Induk Kota Pangkalpinang, Jumat (7/4/2023). Harga bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, wortel, dan tomat masih stabil.

Hanya saja untuk  komoditi cabai yang saat ini terjaid kenaikan dikisaran Rp2 ribu hingga Rp 5 ribu perkilogram.

Sementara  harga bumbu dapur seperti bawang merah ini berkisar diharga Rp34 ribu - Rp35 ribu perkilo, bawang putih Rp30 ribu, wortel Rp12 ribu perkilo, dan tomat Rp12 ribu perkilo. 

"Untuk harga bahan pokok saat ini terhitung stabil, hanya yang ada naik itu cabai karena sebelumnya sempat turun, jadi naik lagi. Harga cabai kecil dari sebelumnya di kisaran Rp40 hingga Rp45 sekrang Rp48 ribu, sedangkan untuk cabai merah Rp40 ribu perkilo dari sebelumnya 38 Ribu,"kata  Iswadi kepada Bangkapos.com, Jumat (7/4/2023).

Diakui Iswandi, menjelang momen lebaran dan hari besar keagamaan harga kebutuhan pokok memang kerap terjadi kenaikan. Hal ini disebakan lantaran permintaan yang tinggi dan pasokan barang yang mulai berkurang.

"Sekarang memang belum ada lonjakan harga, namun diprediksi biasanya H-10 hingga H-7 lebaran nanti pasti ada lonjakan harga karena memang pernintaan yang tinggi," katanya.

Dia mengatakan bahan bumbu dapur yang dijualnya di pasaran rata-rata merupakan barang yang dikirm dari luar daerah. Namun ia memastikan stok bahan bumbu dapur ini aman hingga menjelang lebaran.

"Stok bumbu dapur kalau kita lihat sekarang aman, dan memang rata-rata bahan baku ini kita pasok dari luar daerah, kecuali ada beberapa komoditi seperti cabai dan beberapa sayuran lainnya yang memang diambil langsung dari petani disni,"kata Iswandi.

Senada masih stabilnya harga bumbu dapur kini juga diakui oleh pedagang lainnya Rahman.

Dia juga memastikan saat ini stok bumbu dapur masih aman.

"Harga sekarang masih stabil bawmag meraj 35 ribu, bawnag purih Rp30 ribu. Hanya cabai mulai ada kenaikan dari sebelum Rp45 jadi Rp60 ribu. Kemungkinan jelang H-7 lebaran nanti biasanya pasti ada kenaikam karena permintaan meningkat," kata Rahman.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Sekarang Belum Ada Lonjakan Signifikan, Harga Bumbu Dapur Diprediksi Akan Naik H-7 Idul Fitri, https://bangka.tribunnews.com/2023/04/07/sekarang-belum-ada-lonjakan-signifikan-harga-bumbu-dapur-diprediksi-akan-naik-h-7-idul-fitri.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm