Ilustrasi saling memaafkan di momen lebaran
Ilustrasi saling memaafkan di momen lebaran ( Odua Images)

Yuk Ketahui 3 Manfaat Memaafkan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

16 April 2023 08:26 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang pasti pernah terluka orang tindakan atau kata-kata orang lain. Namun, saling memaafkan adalah hal yang sebaiknya dilakukan.

Kita terkadang merasa marah pada seseorang hingga enggan memaafkan kesalahannya.

Akan tetapi, terus menerus memendam rasa marah dan tidak mau memaafkan justru akan merugikanmu.

Mudah diucapkan, memaafkan ternyata cukup sulit untuk dilakukan. 

Kawan Puan mungkin merasa sulit untuk memaafkan ketika sedang sangat marah dengan seseorang. Namun, ini justru akan merugikan dirimu sendiri, hingga berdampak bagi kesehatanmu.

Mengutip dari Kompas.comDr. Everett L. Worthington Jr., PhD, Profesor Emeritus di Virginia Commonwealth University, Richmond, melakukan penelitian psikologi berfokus pada memaafkan.

Menurut penjelasannya, cara orang mencapai keadaan memaafkan sejati berbeda-beda, tetapi biasanya terbagi dalam dua kategori yaitu memutuskan memaafkan dan memaafkan emosional.

“Kamu dapat mengalami perubahan dalam emosimu, dan kemudian memutuskan untuk memaafkan, atau kamu dapat memutuskan untuk memaafkan terlebih dahulu dan mengalami perubahan itu secara emosional di kemudian hari,” kata Dr. Worthington.

Hubungan kita dengan orang lain ternyata juga sangat berpengaruh penting pada kesehatan. Mampu memaafkan, berkomunikasi dengan orang lain dan telah memaafkan mereka akan bermanfaat untuk kesehatan baik secara fisik maupun mental.

”Jangan lupa, kesehatan mental berhubungan langsung dengan kesehatan fisik,” ujar Dr. Worthington.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm