Ilustrasi lodeh rebung, masakan rebung berkuah santan gurih.
Ilustrasi lodeh rebung, masakan rebung berkuah santan gurih. ( SHUTTERSTOCK/ Rika ernawati)

Cocok Dimakan Dengan Ketupat, Berikut Resep Lodeh rebung Cabai Hijau

17 April 2023 20:29 WIB

SonoraBangka.id - Rebung adalah tunas muda dari akar bambu, memiliki aroma yang khas dan teksturnya renyah. Rebung biasanya dimasak menjadi sayur lodeh, seperti resep berikut ini lodeh rebung cabai hijau. Lodeh rebung cabai hijau bisa dimasak untuk sajian lebaran, dimakan bersama ketupat atau lontong. Lodeh rebung cabai hijau dibuat dengan bahan tempe, cabai hijau, petai, santan, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, gula merah, dan garam. Simak resep lodeh rebung cabai hijau, dikutip dari buku "30 Menu 2 Hidangan - Masakan Jawa Timur" (2013) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep lodeh rebung cabai hijau

Bahan:

200 gram rebung direbus dengan garam hingga empuk, lalu diiris panjang

150 gram tempe, potong-potong tempe

1 buah cabai hijau, iris serong tipis

1 papan petai

750 gram santan dari 1/2 butir kelapa

Bumbu:

5 buah bawang merah, iris

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm