Opor ayam makanan khas Lebaran.(DOK.SHUTTERSTOCK/Hanifah Kurniati)
Opor ayam makanan khas Lebaran.(DOK.SHUTTERSTOCK/Hanifah Kurniati) ( KOMPAS.COM)

Cara Menyimpan Opor Ayam Lebaran supaya Tahan Lama

22 April 2023 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Opor merupakan salah satu makanan khas Lebaran. Kalau belum mencicipi opor di hari raya Idul Fitri, terasa ada yang kurang.

Idul Fitri memang biasanya dirayakan salah satunya dengan makan-makan. Saat keluarga besar berkumpul, masakan dalam porsi besarpun dibuat.

Sayangnya, meskipun sudah dimakan banyak orang, kadang kali opor yang dihidangkan saat Hari Raya masih tersisa. Padahal, masakan ini terbuat dari santan yang tidak tahan lama.

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan opor ayam agar tahan lama dan bisa dimakan lagi keesokan hari.

1. Cara simpan tanpa kulkas

Dilansir dari Sajian Sedap, opor ayam lebaran ternyata bisa disimpan meski tidak menggunakan kulkas.

Caranya, panaskan dulu opor di dalam panci hingga mendidih. Matikan kompor lalu buka tutup panci untuk menghilangkan uap panasnya.

Selanjutnya, biarkan opor tetap ada di atas kompor. Jangan aduk opor tersebut dan biarkan dalam kondisi tertutup di dalam panci.

2. Masukkan kulkas

Setelah opor dipanaskan, tunggu hingga agak dingin. Kemudian, pindahkan ke wadah tertutup rapat. Gunakan wadah dari plastik yang tipis agar cepat beku. Simpan di dalam freezer atau bagian rak kulkas biasa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm